Thursday, June 25, 2009

Bahasa Planet


"Dho... agee apa negh? c2 kgen ga ma aQ?"
"Km udd sRpn lum?"
"Eiiiy! djwb sgkt jls pdt wkwkwkwkwk."

.....

Pagi-pagi saya sudah dibuat bingung. Memang ulah saya sendiri. Iseng membuka fesbuk Edho, keponakan saya yang masih abege.
Keponakan saya itu wajahnya bolehlah dibilang ganteng. Makanya saya tak heran melihat hampir semua kontaknya adalah gadis-gadis abege dan manis-manis pula. Beberapa langsung muncul mengajak chat.

Ada yang mengerti kalimat di atas? Perlu berpikir agak lama, dengan kening berkerut dan otak yang berputar lebih cepat, barulah saya bisa mengerti bahasa mereka.

Setelah memastikan saya bisa berbahasa planet ala mereka, saya meneruskan penyamaran saya sebagai Edho. Hahaha. Cuma penasaran. Seperti apa sih gadis-gadis remaja sekarang. Dulu rasanya saya tidak sebebas mereka. Saya memang lebih sering main dengan teman laki-laki. Justru itu, saya tidak pernah flirting.

"Dho... sblum ny sry y ga s4 blz. it tmn aQ d4h nggu! ma tw aQ nti mlm gie sm c4 y?::"
"yG kmRn aNagh maNa?"
"Twuz lo blg p sm mRk?"
"akkHuuu mCiHH d cKuuLL, dhooo."

Saya tercenung lagi. Mengerutkan kening lagi. Memutar otak lagi. Duh kenapa ya harus ada 2 titik dua di belakang kalimat itu?

Akhirnya saya bisa menterjemahkannya. Tapi sudah ah! Saya tutup fesbuk si Edho.

......

"Tante Retno, sudah chat-nya, ?"
"Hah, aku nggak ngerti bahasa kalian!"
"Hahaha... aku juga kadang-kadang nggak ngerti kok. Itu kan kebanyakan bahasanya anak-anak cewek."
"Ih males! Aku capek sendiri, tahu!"
"Hahaha."

......

"Den, udd sRpn?"
"Hah?"
"Udah sarapan? Itu bahasa abege, tau!"
"Hahaha parah."
"Kau tanya aku, jawabannya: udd dundh."
"Hah? Apaan tuh Mok?"
"Udah dong."
"Hahaha.... semrawut!"

......

Aih! Ternyata, keisengan saya pagi ini berbuah kelelahan jiwa dan raga :)


Image and video hosting by TinyPic

10 comments:

maya sitorus said...

semua ada masanya non!
pada usia qta skrg mau mengikuti gaya bicara mereka memang bikin lelah jiwa dan raga
kalo ketemu di chat bikin pegel jempol juga kayaknya
bayangin,,,kalimatnya diketik pake huruf besar keci besar kecil,,ga pegel tuh jari hrs mengatur capslock,,,
aaahhhh ternyata roda berputar ya non hohohohohohoh,,,

lilliperry said...

sAya juGa SeBEl Kal0 bAca SMs At0 ChAt d9N BhsA 9aUL, B1kiN s4K1t M4+a.

*m4aP yA MbAK, SAia TeRPen9ArUH 4Nak 9Aul Ni..

huahahaha... edaann...

Sari Maniez said...

Aku ngerti kok Jeng, walopun ada beberapa kata yang baru.
Ahh ABG...Aku lebih suka menyebutnya 'brondong', ples kalo wajahnya enak diliat, bolehlah aku tambahin 'Niez' untuk kemudian kusingkat menjadi 'Browniez' wakakak...
Kalo lagi jenuh, lumayan bikin fresh dengan mampir bentar ke dunia mereka ;P

uke poet said...

dikit ngerti kl bacanya pelan-pelan dan dieja. yg gak nahan dan bikin capek adalah huruf kecil dicampur huruf kapital. bikin nambah minus mata nih :D

denny said...

mok,udd dundh jGn bYkn ch4t

...

pening aku...
pening,,,,

liat gita gutawa cari teman sebaya

Enno said...

@maya: keriting jempol gue jadinya haha :D

@lilliperry: aq gugh nGrT1 Km nG0mz ap zegh?! hahaha

@sari: bronis? ih mau dong ;)

@uke: iya, langsung silindris 5! hahaha

@denny: ah om denny usil aja! suka2 dong! :P

Little Fairy said...

haha...ha...
maaf tante, echa ketawa:D
bhs abege mang lucu dan bikin pusing... ya...
kayak echa kalo sms-an sama temen2 echa...
haha...ha...
maaf isi comment echa cuma ketawa doang...
haha...ha...

Enno said...

naaah, ini salah satu pengguna bahasa planetnya!

tante retno kursus sama echa aja ya?
hehehe

neff-sky aoi sora-chan said...

ahaha..ini tantenya echa ya? Ini temen echa yang namanya fani itu lhooo.
yah bahasa gaul emang bikin pusing..kadang aja kita salah ngertiinnya yah.. planet baru dalam tatasurya kita....

Enno said...

oh ini yg namanya fani...
rajin isi blognya kayak echa ya... tapi jgn pake bahasa planet, ok

:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...