Saturday, November 7, 2009

Nyai Dasima

pict from here


-Desa Kuripan, Bogor, Jawa Barat.

Gadis bernama Dasima itu adalah gadis yang terkenal karena kecantikan dan kemolekan tubuhnya. Ia menjadi kembang Desa Kuripan, yang letaknya di sebelah kanan Ciseeng, setelah menempuh perjalanan dari Parung sejauh 10 km.

Kabar akan kecantikannya itu terdengar oleh tuan Edward William, salah seorang kepercayaan Letnan Gubernur Sir Thomas Raffles. William yang jatuh cinta seketika pada Dasima kemudian menjadikannya sebagai perempuan simpanan kesayangannya. Ia diperlakukan dengan sangat baik. Dicintai dengan sepenuh hati dan lahirlah Nancy, puteri mereka semata wayang.

Dalam perjalanan hidupnya kemudian, Dasima berkenalan dengan Samiun, seorang kusir delman asal Kwitang. Keduanya saling jatuh cinta, dan Dasima memutuskan meninggalkan William dan menjadi isteri kedua Samiun, ketika diingatkan bahwa hidup bersama tanpa nikah dengan William itu berdosa.

Hayati, isteri pertama Samiun, cemburu dan membenci Dasima setengah mati karena dianggap telah merebut kasih sayang suaminya. Ia menyewa centeng (tukang pukul) bayaran paling terkenal di Kwitang, yakni Bang Puase, untuk membunuh Dasima.

Pembunuhan pun terjadi saat Dasima dan Samiun dalam perjalanan menuju Gang Ketapang (depan Sawah Besar sekitar Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat) untuk menonton sandiwara. Mayatnya dilemparkan ke kali (kira-kira samping toko buku Gunung Agung) dan ditemukan di dekat kediaman tuan Edward William di Pejambon, di belakang kantor Ditjen Perhubungan Laut sekarang ini.

Peristiwa tragis ini terjadi di masa pemerintah kolonial Inggris (1811-1816).

.......

"
Ucuuuup! Ganti ah! Aku nggak mau dipanggil Nyai Dasima! Aku nggak mau dibunuh! "
"Hahahaha...."

_____________

Catatan:
Menurut sejarawan Betawi, Alwi Shahab, foto di atas adalah foto kampung Kwitang, Jakarta Pusat pada pertengahan 1876, karya Jacobus Anthonie Meessen.
Nyai Dasima dibunuh kira-kira di dekat rumah yang terlihat di foto itu.


Image and video hosting by TinyPic

29 comments:

-Gek- said...

Ambil kaplingan komen dulu. xixiix, sekarang baru baca..
Makasi ya Mbak udah follow.
xo

-Gek- said...

Aduh sadis..
cintanya segi empat ga tanggung-tanggung!
Dan ini di jaman kumpeni lagi!!

Kalo sekarang gimana dounk..
segi enam? atau jaring laba2..?

Saya cuma nonton filmnya aja dulu Mbak, dan sudah lupa pula.. tapi sekarang jadi ingat lagi..
Trims ceritanya Mbak..
xo

Pohonku Sepi Sendiri said...

waduh, critanya tragis bener ya..
setelah tau ceritanya, jika :
mbak enno = nyai dasima
denny = ???
hihihi..
betewe, bidadari jatuhnya dikemanain mbak?
nice header :)

Rava said...

Hahaha..segitu getolnya yah mbak sampe memaparkan bukti prasejarah segala...

Mbak follow aku dunk.. :D *ngarep
Tulisan nya gak seberapa bagus sih..maklum masih belajar :(

BrenciA KerenS said...

legenda ini kayaknya hampir banyak terdengar di seluruh penjuru jawa barat ya...

adhi said...

yaampunn..

semoga mbak enno gak dibunuh juga

*praying...*

jiahahaha

ajenkajenk said...

ngeliat photnya jadi sereeeeem....

weh weh weh....gak terima ternyata dipanggil nyai dasima ^^

Arman said...

oooo begitu ceritanya...
udah sering banget denger nama nyai dasima tapi gak pernah tau ceritanya kayak apa. hehehe.

lu kayaknya cocok jadi guru sejarah dah no... :d

Freya jualan buku said...

gw kira nyai dasima itu nama orang-orangan sawah hihihi. Ternyata nama nyak beneran toh?

M D Suryana said...

Kalo kamu emang jangan dipanggil Nyai Dasima, kan pasanganmu bukan kompeni melainkan heiho hehe..(becanda).
Eniwei aku suka sama tokoh reples. karna dia membawa pembaruan dalam sistem kolonial pada waktu itu.(walau juga penjajah, tapi dibanding yang lain?).
Tempat Nyai Dasima dibuang sekarang udah banyak perubahan. Mungkin sekarang yang ada Nyai Kusnikova ( orang Usbek, red).

Mong-omong aku follow ya.

Azhar said...

turut berduka cita buat nyai dasimah

*hahaha berasa peristiwa kemaren sore ya gw berbela sungkawa

wahahahaha

Enno said...

@gek: jaman sekarang sih segi banyak sampe ribet hehehe

@pohonku: ah denny itu kudanya bang samiun hihihi... iya headernya diganti ah bosen... lagi pengen yg adeeem :P

@rava: kalo sejarah harus ada buktinya non... iya nanti aku follow :)

@brencia: ini malah bkn pny jawa barat, ini punya betawi bu :)

@adhi: iyaaa... doain yg banyak yaaa hahahaha (ssst, org baek kayak aku justru byk yg sayang tau!)

@ajenk: iya ga terima dong, pas bagian pembunuhannya kan syereeem...

@arman: hahaha lu tau aje... tadinya mau kuliah di arkeologi man, tapi kagak jadi hihihi

@freya: yaelah :D

@MD Suryana: pemerintah kolonial Inggris memang gak sekejam kolonial Belanda dan Jepang.. thx udah difollow ya :)

@azhar: amin... semoga diterima iman Islamnya... hahaha lu gile ah! kemaren sore seabad yg lalu matinyeee! :P

Elsa said...

pingin tau, secantik apa sih si Dasima ini. kan begitu terkenal tuh kecantikannya....'gak ada fotonya ya?
hiihihihihihihii

Enno said...

aku nyari2 gak ada sa... aku juga penasaran lho :)

Arema said...

waaaa menarik sekali sejarahnya (:
kok anaknya cewe sih, coba cowo kan cakep, indo indo gitu hihihi

Gendhis said...

Tapi nama "Dasima" itu kesannya seksi dan sedikit angkuh, jadi gimanaaa gitu loh Mba! Keren tau sebenernyaaa... Tapi yah, nasibnya tragis gituh?! Hihihihii...

*Salam Kenal*

Enno said...

@arema: maunya aku juga gitu... kayak nicholas saputra gitu hehe :P

@gendhis: nasibnya tragis emang.. salam kenal juga ya :)

Clara said...

yak ampun, jadi gitu ceritanya nyai dasima ya...hmm, baru tau

sibaho way said...

oooo baru tau, itu kisah nyata tho... :P

Enno said...

@clara: sekarang udah tau kan :)

@sibaho way: begitulah :)

Lina said...

dulu pernah ada film ini yang jadi nyai dasima ; meriam belina.

jadi kira-kira secantik itu mungkin ya...

mungkin juga secantik mbak enno :)

RheY said...

diganti jadi nyai iteung aja klu gitu xixixixix8....

Enno said...

@lina: secantik aku? enggaklah... aku lbh cantik lagi hihihi *narsisnya kumat*

@rhey: boleh boleh :D

Sari said...

Kok si Ucup malah gak komen yak? hehehe

En, Nyai Dasima sama Cleopatra cantik mana? Sebagai sesama tukang selingkuh :P

BTW, aku makin mantap nih minta kamu nyetak buku sejarah. Ayok No...bikin buku sejarah yang enak dibaca
:P

denny said...

seram kali bah,
dicarinya tuh rumah TKP nya
emang dasar jiwa wartawan gosip.. huhuhu..

nyai dasima..
sini dulu kau bantu aku menjinakkan kumpeni..

Gogo Caroselle said...

abiiis nyai dasimah bandel sih uda diperlakukan baik2 eh dese selingkuh, yowes, melayang nyawa hihi

halo mba enski
*hugs*

Gogo Caroselle said...

abiiis nyai dasimah bandel sih uda diperlakukan baik2 eh dese selingkuh, yowes, melayang nyawa hihi

halo mba enski
*hugs*

Gogo Caroselle said...

abiiis nyai dasimah bandel sih uda diperlakukan baik2 eh dese selingkuh, yowes, melayang nyawa hihi

halo mba enski
*hugs*

Enno said...

@sari: buku sejarah? boleeeh :)

@denny: wartawan tu kudu berdasarkan fakta dan data yg pasti tau!

@gogo: eh dia insap lho, daripada kumpul kebo hayooo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...