Monday, October 1, 2012

Enno The Explorer

Keren kan judulnya?
Tapi si Enno kepalanya ditutup kerudung, dan model rambutnya nggak bob ala batok kelapa deh. Hehehe.

Kenapa judulnya begitu? Karena saya sedang siap-siap liburan akhir tahun. Bukan di bulan Desember, tapi November. Saya dan beberapa teman akan pergi lagi ke Jogja, ke Gunung Kidul lagi. Tapi kali ini nggak mengeksplorasi pantai-pantainya, melainkan guanya.

Destinasi utama yang sudah dibicarakan dengan adik saya, Ridwan, adalah Gua Jomblang di Kecamatan Semanu, Gunung Kidul. Gua yang fenomenal banget (Amazing Race #9 syuting di sini kemarin) dan bikin saya penasaran sejak lama.

Siang ini, saya membicarakan itinerary kami dengan Ridwan. Rencananya lima hari di sana. Hari pertama, sepertinya kami harus latihan rappelling dulu untuk melemaskan otot-otot. Rappelling itu metode naik-turun dengan seutas tali. Bergelantungan kayak Tarzan gitu deh. Tau kaaan?
Dan buat yang belum tahu Gua Jomblang, ini gua yang bentuknya vertikal, seperti sumur. Dari bibir gua sampai dasarnya, kedalamannya 60-90 meter. Diameter mulut guanya 50 meter. Bisa bayangkan nggak, sumur yang lebarnya 50 meter dan dalamnya 90 meter? Wiiih! mungil banget deh! *dipentung*

Rencananya, kami juga mau kemping di pinggir entrance gua. Ala Pramuka gitu deh. Secara saya sudah lama lho nggak kemping. Mudah-mudahan nggak ada ular nyasar ke tenda saya. Gua Jomblang ini soalnya di tengah hutan jati.

Intinya sih dari itinerary yang dibicarakan sambil cekakak cekikik tadi (saya dan Ridwan kalau ngobrol memang begitu), kami mau eksplorasi Gunung Kidul lagi. Ada air terjun yang baru kan, ya? Sri Gethuk kalau nggak salah. Lalu cave tubing lagi! Yihaaa! Saya belum nyoba tubing di Gua Kalisuci lhooo... (Kemarin yang di  Gua Pindul).

Tapi kalau mereka ngajak ke pantai lagi, boleh aja sih. Asal jangan Pantai Baron-Kukup-Krakal. Tiga pantai itu udah pasaran banget. Ramai dan nggak perawan. Juga nggak usah ke Pantai Indrayanti. Isinya tempat makan semua dan ramai sama musik dangdut. Eww!

Karena selama di sana kami akan nyewa mobil, mau nggak ya kira-kira mereka saya rayu ke pantai-pantai paling ujung di Gunung Kidul? Kemarin kan saya ke Pantai Siung. Masih ada lho yang lebih pelosok lagi. Saya kepingin ke Pantai Sadeng. Letaknya paling ujung. Pantai ini dulunya muara Bengawan Solo Purba.

Ada satu hal yang mengganggu pikiran saya sebenarnya. Ibunda Wuri kan baru pulang haji pas exploration week kami. Jangan-jangan Wuri nggak bisa gabung. Saya pastinya akan menyuruh dia membantu-bantu keluarganya dulu di rumah, kalau memang sibuk syukuran atau apa.

Tabahkan hatimu ya, Wur! :)

Untuk sementara ini, karena masih sebulan lagi, tentunya saya harus konsentrasi dulu menyelesaikan Flamenco Project yang tinggal sedikit lagi. Soal tiket transportasi, peralatan kemping, mobil sewaan dan penginapan, Ridwan yang menguruskan. Saya tinggal berangkat. Itu salah satu gunanya adik. *ketawa puas*

Yasud, gitu aja.
Novel saya sudah mulai di puncak konflik. Ibarat tabel, kurvanya menanjak ke atas lalu pelan-pelan akan menurun ke bawah lagi. Lalu selesai deh.
Jadi capcus dulu yaaaa!

"Take nothing but pictures. Leave nothing but footprints. Kill nothing but time. Do nothing but caving."
- Caver's creed


Pintu masuk Gua Jomblang. Sumur raksasa! :D
Photo by Heru Hendarto

Image and video hosting by TinyPic

20 comments:

uthie said...

pantai wediombo sudah pernah? coba ke sana, itu yang paling ujung katanya.

JejakShally said...

semoga diberi kesehatan yang keren ya mba, biar kempingnya enggak sentrap-sentrup a.k.a pilek ahahahahaaa.

mba ntar share foto-foto di goa jomblang dong hehehheee..

-Gek- said...

uwaaa pengennn...

Arman said...

wah asiknya yang mau jalan2... :D

Annesya said...

and saya gamau baca postingan ini sampek habis. daripada saya ngeces ngeces #mlengos

Meida said...

haduuh, enno the explorer bikin ngirii aja.. aku dari dulu pengen banget ngerasain caving, tp blm kesampean..

eniwei, kalau mau caving gitu perlu punya keahlian khusus dulu ga sih mbak enno?

Nurhikmah Nani said...

hadeehhh... enak banget sih mba, kapan ya bisa "nani the explorer juga" :D

Enno said...

@uthie: belum tuh. trmasuk yg pgn dikunjungi jg. wediombo di ujung baratnya.. klo sadeng ujung timurnya ;)

@shally: haha aamiin shal, bawa multivitamin byk nanti. foto yg diaplod biasa ya, ga akan ada akunyah hehe

@gek: ah, dikau bknnya baru ke mana itu? s'pore ya? :P

@arman: hehe lo juga kan di amrik jln2 mulu man. mau dong ke disneyland hiks :P

@annesya: ngeces tho? *sodorin tisue*

@meida: memang sengaja ditulis biar pd ngiri hahaha keahlian apa ya? trgantung levelnya dan guanya. klo entrance gua horisontal agak mudah. klo entrance vertikal/sumuran, hrs bisa rappelling. org yg fobia gelap & tmp sempit dianjurkn tdk caving. org yg cengeng, rewel dan tkg ngomel jg. soalnya kita msuk ke perut bumi yg unpredictable, bkn ke mall hahaha...

@nani: kapan hayooo? bujukin dong om thayank2 nya buat nemenin :P

Penghuni 60 said...

wow, novelnya mau kelar ya? hebat!!!

Gloria Putri said...

kayak bgini nih contoh (bakal) parent yg asik.....semoga kamu ngajak anakmu kelak berpetualang spt ini mba.....xixixiixixixi

Enno said...

@penghuni 60: iya, makasih dibilang hebat :)

@glo: hihi... ksh tau gih ke co2 klo aku asik. mrk gak ada yg tau kali ya? oh yg terakhir tau, tp takut kalah asik, trus defensif, trus sadar klo dia memang kalah keren, trus aku ditendangnya deh utk menyelamatkan gengsinya yg cuma seupil itu *teuteup kasus lama* wkwkwk

Selfish Jean said...

No! Seriusan November ini? I am visiting Yogya in November too! Tapi gue belum bikin itinerary sama sekali. Hahaha. Tanggal berapa?

Meida said...

eebuseeet.. masa orang tukang ngomel ga dianjurkan caving??? nyindir aku banget dah!! hahaha...

rental mobil disurabaya said...

guanya gede banget...

iklan baris tanpa daftar said...

sumurnya benar-benar mungil yah.. hahhah.. #darimananya coba?

Anonymous said...

mbak enno kerja di pt apa?

Enno said...

@monica: yeah right! tp ternyata kita selisih jalan kan hahaha

@meida: hihi ada bumil kesindir lhooo :)) makanya jgn ngomel mulu, pake alesan bawaan bayi segala. pdhl emang aslinya baru aja kliatan wkwkwk

@rental: emang :)

@iklan: mungil klo dilihat dr satelit sih :D

@anonim: aku gak kerja kantoran ;)

kristiyana shinta said...

aaahh seriusan??? sama mpe perginya??
*envy*

november ini aq agenda ke bangka,, huufftt padahal pengen ngikuuuttt,, *ga peduli diajak ato engga,, hehehhe*

Enno said...

hahaha... iya shin, sama si teddy bear :))
kamu ke bangka-belitung???

aiiih aku pengen ikut nengok bang andrea hirata doooong! wkwkwk

Ratriani Cahya Pradani said...

mampir ke rumahku mba....aku asli gunungkidul loohhh (teros kenapa??)hahahaha......itu foto ngingrong yaaaa???

*berfikir*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...