Tuesday, June 14, 2011

Iya deh...

Halo semua!

Iya deh. Saya nyerah. Saya angkat tangan. Baiklah, baiklah. Saya akan tetap menulis di sini.
Suppport kalian sukses bikin saya nangis bombay karena terharu. Saya nggak mengira tulisan saya yang 'nglangut' (merenung, resah, bosan) ternyata membuat banyak orang terdorong untuk ikutan menulis. Bahwa diantara maling-maling nggak sopan yang suka menjiplak itu, lebih banyak lagi yang terinspirasi secara positif, seperti kata Arman (thanks, Man) dan yang lain-lain juga.

Terima kasih ya. Dan ini terima kasih yang bukan basa-basi. Ini terima kasih asli, sedalam-dalamnya, yang saya tulis sembari terkapar di tempat tidur karena flu berat beberapa hari ini. Dengan mata berlinang karena terharu, ingus meler yang harus disumpal tisu, dan kepala migren sebelah.

Terima kasih untuk dorongan semangatnya, wahai para sahabat bloggerku. Dan juga kalian para silent reader yang akhirnya 'terpaksa' turun gunung untuk menggubrak-gubrak saya supaya menulis lagi. Terima kasih juga untuk para 'cheerleaders' via e-mail yang bikin inbox saya penuh dua hari ini.

Saya nggak tahu mau ngomong apa lagi. Saya betul-betul nggak mengira tulisan saya yang sebenarnya cuma curhat nggak penting ternyata dianggap 'penting.' Padahal, halooo... ini kan tulisan gombal. Yang isinya rayuan, omelan dan ocehan tentang hidup saya yang membosankan.

Jujur, kemarin itu saya tidak sedang bikin sensasi. Saya benar-benar PATAH ARANG untuk menulis di blog lagi. Sebenarnya ini bukan yang pertama kali saya berniat berhenti menulis. Tapi alasan-alasan sebelumnya alangkah sungguh dangkal dan melankolis, hanya karena persoalan pribadi.

Yang kemarin itu saya benar-benar trauma. Marah. Kecewa. Sedih. Nelangsa. Jauh sekali dari alasan melankolis yang dulu-dulu itu.

Tentang ingin berhenti ngeblog, saya sempat mengatakannya pada Ghanie dan Maya, saat kami chat di YM beberapa waktu lalu. Saya mengatakannya pada Tisa, dan saya mengeluhkannya pada senior saya, seorang editor di surat kabar nasional.

Ghanie menyarankan saya sabar dan terus menulis, Tisa (yang menjadi korban penjiplakan juga) malah memutuskan berhenti marah dan tetap menulis, sedangkan senior saya dan juga Maya menasehati saya agar mengambil sisi positif dari kasus ini. Bahwa tulisan saya dianggap bagus dan disukai orang, sehingga membuat orang 'ngiler', lalu mencurinya agar dibilang 'bagus' seperti saya.

Beberapa hari yang lalu juga saya berdiskusi dengan Maya dan memantapkan rencana yang lama tertunda, yakni sebuah solusi agar tulisan-tulisan saya di sini resmi memiliki copyright. Maya, karena dia editor buku (saya kan editor majalah), memberi beberapa petunjuk. Itu sebabnya saat ini, meskipun sedang sakit, saya tetap ngebut mengerjakan proyek ini. Thanks to Maya.


Oh, ada satu pesan buat kalian, para maling bodoh dan nggak sopan yang masih suka mencuri tulisan orang lain tanpa izin. Kalian perlu tahu tentang UNDANG UNDANG No. 19 Tahun 2002.

Undang-undang nomor 19 tahun 2002 tentang hak cipta memberikan perlindungan otomatis kepada para webmaster/bloger atas isi dari website, blog, dan lain sebagainya dari orang yang suka mempublikasi ulang konten atau artikel milik orang lain tanpa izin. Hukumannya maksimal 1 tahun penjara serta denda 5 milyar rupiah.


Isi situs/web yang diberikan perlindungan adalah isi yang orisinal hasil karya sendiri bukan menjiplak/memplagiat hasil ciptaan orang lain. Ketika seseorang membuat suatu content situs/web, lalu kemudian dipublikasikan di situsnya atau situs orang lain, maka secara otomatis dilindungi undang-undang tanpa harus mendaftar ke Depkumham (Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia).-Baca di sini selengkapnya!

Bahkan, berdasarkan hasil diskusi saya dengan beberapa teman pengacara, perlindungan tersebut mencakup berita-berita/karya tulisan/foto yang dipublikasikan di Twitter, Facebook dan jejaring sosial lainnya.

Saya bisa lho menuntut kalian para penjiplak, dengan alasan sekedar bersenang-senang. Toh ruang sidang tidak menakutkan buat saya sebagai mantan mahasiswa Hukum dan jurnalis Hukum. Toh saya punya banyak teman pengacara yang siap menolong saya secara gratis. Ini akan benar-benar menjadi ajang bersenang-senang buat saya yang belakangan ini kurang hiburan.

Tapi pada akhirnya saya sampai pada kesimpulan, bahwa (seperti kalian semua bilang) saya tidak mau jadi orang yang dirugikan para maling itu. Saya tidak mau kreativitas saya terpasung gara-gara ulah mereka yang tidak bertanggung jawab. Saya tidak mau kehilangan teman-teman saya di sini dan saya juga tidak mau 'berdosa' karena mengecewakan banyak orang.

Apa yang sudah terlanjur mereka ambil, saya anggap sebagai sedekah sosial saya bagi jiwa-jiwa kegelapan mereka yang HINA.

Baiklah. Cukup.

Meminjam ungkapan bu dosen Erna Suminar tentang plagiat blog, bagaimanapun menulis (berkarya) di blog membutuhkan jiwa besar untuk 'legowo' dan kerelaan untuk berbagi. Tapi yang pasti tak akan ada yang bisa mencuri dua hal dari seseorang. Kreativitas dan orisinalitas pikiran yang tidak mungkin bisa ditiru.

Ya benar. Saya akan selalu satu... eh, tidak! Seribu langkah lebih maju dari kalian, wahai kaum pencuri!

... and guys, iya deh saya balik!

pict dari Bagus.

PS: ini juga dari Bagus. Silakan cek blog kalian di sini untuk memastikan ada yang menjiplak atau tidak.


thank you so much... come, I hug you all! Hatsyyi!!! Ups! :)

Image and video hosting by TinyPic

42 comments:

rona-nauli said...

ahhhh, senangnya...*jingkrak2,ketawa2*

aku tahu kamu ndak bikin sensasi, No. dah lama baca tulisanmu, rasanya seperti mengenal kapan kau moody, melow dan marah :). terima kasih info-nya. sangat berguna pasti ya. dan karena aku ndak punya uang 5 milyar dan ndak sanggup ninggal mama-ku di bui selama setahun...jadi aku nulis karyaku sendiri saja hehehe.

jadi pengen peluk Enno...*hug hug hug* ^^

ika puspita said...

senangnya ga jadi brenti menulis..
mereka yg seneng copypaste adalah para biadab...
jangan pernah berhenti menulis karena kami adalah penggemar setiamu...
makasih ya mbak
tetap semangat
blog ini banyak menginspirasi penulis pemula sepertiku...

maya said...

nah tuh, msh flu tp udah mau main aja di air terjun, ahahaha..

kyknya emang lg byk yg bete bulan ini (hasil dr blogwalking ke kawan2).

yak, ayo semangat! singsingkan lengan baju, pakai sabuk kepala, dan pasang senyum siap perang *gmn tuh mksdnya?

Mimi sikembar said...

Hore hore...
mbak enno nggak jadi hengkang dari dunia per-bloggeran..

Aku kirimin harum kopi deh dari sini sebagai hadiahnya mbak hhi.. *apa coba :p

Teteeeeeeep semangat mbak :)

Lia said...

wah mbak, pdahal kirain tadi minta bantu nyapu mau sapu bersih blog, hehe.

glad you come back mbak, jadi ada pemilik mpu gandring yang bisa membasmi semua kejahatan. hahaha

ah sudahlah, sini mana sapunya, (lho?)

Henny said...

oh iya, satu lagi. mungkin mbak enno perlu coba pasang fitur supaya dalam blognya mbak enno ga bisa diblok (untuk dicopy)

Elsa said...

Alhamdulillaaaaaaaaaaaaah....
alhamdulilllaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhh

Enno balik lagi,.....

Brencia said...

walah, ketinggalan berita terbaru. Jadi jalan mundur deh.. ;))

Cuma bisa bilang mbak, sabarr. para plagiat itu emang parasit di duni maya. Jangan menyerah apalgi bikin mbak enno berhenti.

Yang waras jgn mau ngalah mbak.

semangat ya..sama nih aku jg balik ngeblog lg. ;))

TUKANG CoLoNG said...

halo mbak.. reader baru nih. denger isu tentang tulisan mbak yang "maling" itu dan juga lagi maraknya blogger ngomongin etika blogging dan anti copas. kalo ga salah sih mbak elsa yg bilang pas komen ke suatu blog kalo blog mbak juga kena karena tulisannya bagus. setelah saya liat, emang bagus dan wajar aja di copas, wong bagus gini. hehe

enak ya punya banyak sahabat penulis. jadi bisa share tentang tulisan. :)

oia, jangan takut dengan nickname saya. hihi. saya mungkin besok2 akan sering kesini. semoga jalinan silaturahmi ini bermanfaat.

bye..

Hoeda Manis said...

What doesn't kill us will make us stronger. You rock, Girl!

Selamat menulis lagi. Dan, oh ya, salam kenal. :)

Enno said...

@rona: ada temen sarapan lagi? :)

@ika: aku yg makasih... makasih ya supportnya... seneng bisa belajar nulis sama2 lagi :)

@maya: itu komandonya kayak mau nguli di pasar ikan deh may... btw tengkyu ya say :)

@mimi: thx ya mi! kirimin makanan dong, kan lg sakit :P

@lia: hehe iya ni, warisan Ken Arok utk cewek secantik Ken Dedes. Pret! :P thx ya... :D

@henny: aku ga bs pasang anti-klik kanan, hen. Ntar sekretaris Kenzo ga bs copas buat bikin tulisan terjemahan ke dia.. (cuma sekretaris dia yg boleh copas ;P)

@elsa: makasih ya elsa... aku dah baca komentarmu yg berapi2 di blognya Nuel. makasiiih... *hugs*

@brencia: iya thx ya jeng bren... happy blogging! :)

@tukang colong: iya ih, nama kamu bikin trauma deh hahaha... aku pernah mampir ke blog kamu... tulisannya asik, nyantai... aku silent readermu hehe piss! ya udah deh skrg kita temenan beneran aja ya... thx ya :)

Wuri SweetY said...

Nah gitu dong...Ga ada Loe ga Asik mbak (kata iklan). Ganbatte Enno San!!!

vita@kriyalea said...

Bravo Enno...
teruskan menulis ya No, aku termasuk salah satu silent readermu.. :D, ngefans sama tulisan2 enno yang menurut kamu biasa, tapi bagus menurut aku dan kebanyakan orang..

Enno said...

@hoeda: salam kenal juga Hoeda...makasih yaaa :)

@wuri: haha iya, iya... itu ganbatte keseratus berapa ya hari ini *jadi brasa ada di Tokyo* arigato, wuri-san! :)

@vita: makasih ya mbak vita... :)

armae said...

ahh,. akhirnyaa. gak sia-sia kemaren ngrengek2 di posting sebelumnya biar kak enno gak berhenti nulis.. yeyyyy...

aku kenal kak enno dari temanku, dan katanya kakak tu blogger favoritnya. dan belakangan jadi blogger favoritku jugak. salam kenal :)

De said...

Dari awal udah tahu, mbak enno gak bakal bisa berhenti nulis and jauh2 dari kita. hehehe...

Maju terus pantang mundur, mbak. Kalo gara2 si plagiator mbak jadi berhenti nulis, itu artinya mbak kalah.
So, tetap menulis ya!!

^_^

warm said...

asli baru tau soal undang2 itu
makasih atas infonya, smoga tetep rajin nulis, soal maling, ya biar aja lah, cuma jangan lupa dikkutuk ya :D

gloriaputri said...

yey......wkwkwkwkkw...asikk...nulis lagiiiii

dan tulisan kali ini benar2 bagusssss.....nanti kalo sampe ketemu ada yang maling tulisanku, bakal aq kasih link tulisan ini, bahwa "emncontek" itu hukumannya berat....entah kenapa, aq koq lega ya pas tau ada undang2 yang mengatur hak cipta blogger :)

tapii, yang bikin aq paling legaa, aq gag jd berhenti nulis juga karena km berhenti :P hahahhaha

welcoming back mbaaaaaaa....sini pelukkk......mau dikerokin skalian biar cpt sembuh? dah sana istirahat, si Lia aja yg bersih2 blognya

gloriaputri said...

wahh...aq barusan dr plagiarisma.net nya mbaaaa...menyenangkan bgt ada web begitu :D hehhe...bilangi makasi sama temennya mas bagus ya mbaaaaaa :))

Selfish Jean said...

Welcome baccckkk! :)

Golda Regina said...

kak 5 milyar kak 5 milyar. udah berapa yg jiplak kak, cok kalikan dulu, bisa traktir rakyat kurang mampu uangnya kak. ayok kak, aku juga kurang mampu loh kak, aduh bagaimana ini? hahahha *stress

Welcome back kaaak, ingat janji mu kak, sk*pe ;) tuingtuing :p

Inez said...

Hehehehehe.. *cengengesan ga jelas begitu baca judul post ini*
Horeee! Horeee! Cepet sembuh Ka Enno!

Enno said...

@armae: halo, iya ni rengekannya sukses mengharu biru hatiku haha... makasih ya.. salam buat temennya (siapa si?) :)

@de: baiklah wit, thx yaaa ;)

@warm: iya dikutuk jd jambu klutuk :P makasih yaaa :)

@glo: masa ngeblognya tergantung aku? ga sehat tuuu... :P thx ya, lia lg kusuruh bikin minuman buat tamu2 hihi *pis!*

@selfish jean: soalnya bakal kangen maen ke blogmu mon ;) tengkyu :P

@golda: yaoloh anak ini ribut sendiri! :)) oh skype-nya aku lupa ID-nya dek... hahaha... tar deh bikin baru lg klo kakak dah sembuh yaaa :)

Enno said...

@inez: jgn cengengesan sndiri nez, tar disangka kesambet :P makasih yaaa, tar Maud-nya diterusin deh :)

iam said...

Pertama-tama, salam kenal mbak. Pertama kali kesini :)

Yang kedua, udahlah, lebih baik lanjut nulis :)

Yang ketiga, sependapat! Saya juga bener2 benci banget sama pelaku copas blog orang lain. Ya, jangan dalam lingkungan blog. Bahkan di Twiter pun banyak banget para pelaku copas. Saya pernah jadi korban dan akhirnya saya bikin tulisannya di blog saya sendiri. Sebagai bentuk kekesalan saya terhadap para peng-copas..
#kesal

Eks said...

anggap aja itu pengalaman berharga. depresi jangan berlarut-larut... tetaplah menulis ^^

Arman said...

nah gitu dong no... :)

btw thanks buat kutipan UU nya. gua baru dikasih tau temen nih kalo salah satu foto di blog gua dicomot majalah Pluit Magazine. jadi gua lagi emailin redaksi nya.

yah emang gini nih resiko ngeblog. ada aja orang2 yang gak tau diri dan gak tau etika suka main comot2 tanpa ijin...

yah biar Tuhan yang membalas ya no... :)

Enno said...

@iam:iya, pdhl tulisan di twitter juga dilindungi UU hak cipta kok... thx ya dah main kesini, salam kenal juga :)

@eks: hehe aku ga depresi, cm marah :P ini sakit flu kok... thanks yaaa :)

@arman: waduh, majalah komunitas kan itu? hajar aja, man... klo somasi lo ga digubris, bikin aja surat terbuka di blog... eh, tapi lo hrs megang bukti dulu... bisa minta dikirimin majalahnya ga sm temen lo itu? dipaket ke amrik gitu... iya, ini resiko ngeblog...

Annesya said...

horeee, senangnya saya masih bisa baca2 disini. :)
mbak, aku diajarin mbak glo gimana biar blog ga bisa di klik kanan dan di copy, hehew

Meida said...

yuhuuuu....
kemarin siang sempat buka blog mba enno dan ga ada tulisan terbaru, aku sempat pikir, waduuuh, beneran deh nih mba enno ga mau nulis lagi di sini. ternyata pagi ini ada muncul tulisan baru, senangnyaaa... hehehe!

jangan berhenti menulis di sini cuma karena maling-maling kampret itu mba enno!! setelah baca tulisan mba enno, aku juga iseng-iseng nyari maling, ternyata ketemu dua orang yang nyuri tulisan-tulisanku.

rasanya emang emosi, kesel, sebel, mau ngamuuukk. tapi kata temanku, ambil aja positifnya, tuh orang ngefans banget sama tulisan kita, hehehe...

ayooo, mba enno, mari menulis lagiiiii... :D

Hans Brownsound ツ said...

ga mau ngomong apa2 deh.
HUUUUUUUUUUUUGGG! :D

Shally said...

Yeeeeeeah mba Enno nongol lagi \*0*/
selamat datang kembali hehehheee :)
share linknya thanks yaa mba itu sangat membatu.

ipam nugroho said...

emang bumi itu bundar, roda jg berputar...kadang diatas kadang dibawah,,kadang mut kadang bosen,,,so...welcome back sist

Enno said...

@annesya: cara itu seenggaknya bs menghambat tukang copas yg masih amatir dek, tapi sebenernya tetep aja byk cara lainnya hehe serba salah ya? :) thx anyway yaaa :D

@meida: hahaha aku malah baru nemu lagi tukang copas... orang MALAYSIA, bow! yaoloh, fansku sampe ke negeri jiran? *ga tau mesti miris apa bangga* :))

@hans: haha halo cowok ganteng yg tampangnya dicopas mulu hihi.. makasih! sabar yaaa.... *peluk lagi*

@shally: makasih juga ya shal, ayo trekking! :P

@ipam: halo om ipam, makasih yaaa hehehe

nolkilometer said...

salam kenal mbak...

ku ria..
ni pertama kali ku baca blognya mbak...

humm...
dan ku juga baru pemula di bidang bloger...

blognya mbak bagus... ku suka bacanya... bikin ku jadi pengen nulis...

mbak juga harus tetep nulis ya...

semangat,,.... hehehehe

Meida said...

wadoooh, maling beneran ada dimana-mana ya. dari negeri jiran pula, ati2 ntar blognya mba enno di klaim milik bangsanya lho, hehehehe...! :D

Beatrix said...

Nah, gitu dong...

Di balik hujan ada pelangi
Di balik mendung ada pelangi..

Ayo semangat, Enno !!
I'll wait for your writting.. :-)

Enno said...

@nol: halo salam kenal juga... thx yaaa :)

@meida: ah ya ga sampe segitunya.. udah dihapus kok sm dia tuh :)

@beatrix:makasih yaaaa :)

mayank said...

kalo mbaa enno kmren berhenti nulis aku sedih banget, tahun 2009 lalu aku nemu blog mb enno, jadi ke inspirasi nulis. akhirnya aku juga nulis di wordress http://antibiotich.wordpress.com/

trs mb enno pernah komen di sana kali pertama aku senengnya bukan main, aku belajar banyak di blog ini, aku inget pas itu mb enno lagi pergi menyendiri kalo ga salah, trs buat postingan organza, postingan itu nunjukin betapa kita harus kuat akhirnya aku bikin postingan violet
http://antibiotich.wordpress.com/2009/12/12/violet/
terispirasi dari mb enno.

trs akhirnya aku pindah ke blogspot juga...

mb enno semangat ya, soalnya aku di sini belajar dari mb enno juga...

HUG
;)

(aku kasi makan kura-kuranya mba... :) )

Enno said...

halo mayank...
wah, kamu sampe hapal segitunya postingku dan ceritanya,,,

:)

iya aku tau, aku mgkn egois jg klo nutup blog ini (meskipun smp skrg msh sebel sm maling2 itu). hbs ternyata byk yg seneng main kesini dan terinspirasinya positif.

iya aku pernah main ke blog kamu...
tar aku main lagi deh.. aku kdg suka random BW-nya, hbs pekerjaan di rumah byk *babu.com*

hehehe...

makasih yaaaa.... muah!

ghaniarasyid said...

sip. tetap semangat, mbak :)

Enno said...

yep! tengkyu ya ghani ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...