Thursday, June 9, 2011

Dia Minta Maaf

“You can't undo anything you've already done, but you can face up to it. You can tell the truth. You can seek forgiveness. And then let God do the rest.”

-unknown quote-


Kami sudah bercakap-cakap malam ini. Saya dan Dee Farista. Melalui kurir pesan milik Yahoo. Dan itu adalah percakapan yang jauh dari emosi seperti saat kasus ini bermula.

Ia yang menghubungi saya duluan, lewat pesan offline di YM saya. Mau minta maaf, katanya. Saya berpikir: 'Wow!'
Saya tahu sekali bahwa pasti tidak mudah baginya melakukan itu. Meminta waktu untuk minta maaf secara langsung. Itu butuh keberanian yang sangat besar di antara rasa malu dan syok akibat ulahnya sendiri. Saya salut, menghargai itu dan menerima ajakannya.

Kalimat pertamanya adalah maaf, karena sudah membuat saya tersinggung atas jawaban via fesbuk tempo hari. Ia bilang seharusnya tidak menjawab seperti itu. Ia tahu itu jawaban yang 'tidak berotak'. Yang (sepertinya) ia tulis dengan spontan.

Ia juga minta maaf karena sudah menyalin tulisan-tulisan saya sebanyak itu. Tidak mengira dampaknya akan sebesar ini. Penyesalannya tampaknya sungguh-sungguh. Ia mengaku jera dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Menyalin secara ilegal blog saya, maupun blog orang lain.

Satu hal yang paling membuatnya khawatir adalah bahwa nama-nama yang dipakainya untuk gonta-ganti blog itu adalah nama yang dipakainya sebagai web designer. Ia takut ulahnya berdampak pada pekerjaannya.


Saya rasa ini juga menjadi pembelajaran buat yang lain, para plagiator di luar sana yang belum insyaf. Bahwa apa yang kalian lakukan tanpa berpikir panjang dan 'iseng' itu bisa berdampak besar merugikan banyak aspek hidupmu, termasuk karir dan nama baik.

Well, saya bukan polisi. Saya juga tidak pernah bermaksud main polisi-polisian ketika men-tracking para copycat tulisan saya. Meminjam istilah Tisa, saya hanya sedang memperjuangkan karya saya untuk dihargai dan dihormati sebagai milik pribadi saya sendiri. Maka, berjanjilah pada Tuhan dan pada dirimu sendiri.

Don’t say your sorry when you don’t mean it, prove that you mean it...

Kami bicara banyak malam ini. Cukup banyak untuk membuat daftar kata 'maaf' yang berulang-ulang dia ucapkan dengan nelangsa. Teguran saya itu sangat keras, katanya. Membuat ia merasa dilempar tinggi ke atas lalu dibanting keras-keras. Membuatnya kepikiran dan meminta saya menghapus posting yang sebelumnya itu.

Tapi maaf ya, Dee. Saya tidak bisa. Karena itu harus menjadi pembelajaran buat yang lain. Karena kampanye anti copas ini sudah terlanjur bergaung. Karena toh sudah terlanjur ratusan orang membacanya. Dan bukan berarti setelah memaafkan kamu, saya jadi mentolerir plagiarisme yang dilakukan kamu dan yang lainnya itu.

Tapi saya sudah menutup komentar untuk tulisan yang kemarin. Saya hapus screenshot akun-akun pribadi kamu (yang bukan blog), karena sebenarnya saya tidak bermaksud menghancurkan seluruh duniamu. Kemarin terpaksa saya lakukan beberapa hal karena kamu menunjukkan sikap yang tidak bersahabat. Sudah saya hapus pula kata-kata kasar saya dan saya sudah minta maaf padamu untuk hal itu.

Saya yakin kamu mendapat pelajaran dari ini semua, bahkan kami semua juga. Saya cuma berharap suatu hari, setelah tidak merasa malu lagi, kamu kembali menulis. Buktikan pada orang-orang bahwa kamu sudah lebih baik dari kemarin. Sehingga orang-orang mempercayaimu lagi. Saya sudah membaca tulisan aslimu tadi, dan ternyata itu bagus. Dan hey, kenapa tidak belajar menulis bersama-sama? :)

Guys, saya sudah memaafkan Dee. Sepenuh hati saya dan disertai rasa hormat atas keberaniannya mengakui kesalahannya. Maukah kalian memaafkannya juga? Karena seperti Mahatma Gandhi bilang, 'kalau kita hidup dengan cara mata dibayar mata, maka seluruh dunia akan buta.'

Forgiveness does not change the past, but it does enlarge the future.
-Paul Boese

CASE CLOSED

..........................


PS: terima kasih untuk Desti yang sudah menghapus posting copas dari tulisan saya di blognya. Kami malah jadi berteman, dan dia sebenarnya juga penulis yang baik.

Terima kasih untuk Kartika Sari alias Tyka yang sudah menghapus copas tulisan saya di blog posterous-nya, meskipun tak ada sepatah katapun permintaan maaf atas perbuatannya.

Dan saya masih menunggu jawaban dari Henny R alias Refa Zahra Balqhiz yang belum mengindahkan permohonan saya menghapus tulisan copasnya, padahal justru saya yg lebih dulu minta maaf kalau-kalau mengganggu waktunya. Tolong jangan meremehkan.

Saya sudah meminta secara baik-baik pada Nona Henny ini untuk segera menghapus/memberi link blog saya di tulisan jiplakannya via dua alamat Twitternya di atas, silakan baca di timeline Twitter saya. Saya juga menulis komentar di bawah tulisan hasil copasnya.Tapi yang bersangkutan tidak menggubris. Sorry darling, saya terpaksa membuat teguran terbuka ini.

Buat yang lainnya, yang tidak bisa saya sebut dalam daftar tracking saya karena cukup banyak, jadilah diri sendiri, please...


Tulisan saya yang dicopas. Saya sudah mengingatkan di kolom komentarnya, dan  dua twitternya (yang memang aktif). Tapi tidak kunjung ada tanggapan.




Image and video hosting by TinyPic

40 comments:

Selfish Jean said...

Waduh No... Kirain cuma satu orang... Banyak juga fans fanatikmu.... Sabar ya No. Semoga permintaan maaf dari yang lain menyusul :)

Shally said...

sip mantep dah. ngancungin jempol buat mba enno yg udah maafin,juga seseorang itu yg sudah berani minta maaf. kereen..

Arman said...

go enno... go enno!!! :)

Prastikuak Gembiraria said...

salut buat kak enno ..
*patut ditiru nich kebesaran hti x ..
:)

Apisindica said...

wiiidih, kalau penulis tenar yang copas banyak yah?! :)) #plaaaak

Bagus Mbak, begitu caranya mendidik orang-orang yang tidak punya malu sekaligus hati!!!

4 jempol buat sifat ksatria mbak enno!

amalia khoirun nisa said...

wihh, trackingnya banyak mbak? ckck. tapi aku pernah save page tulisanmu mbak, biar bisa kubaca pas di rumah kan ga ada koneksi internet, itu tak papa, apa gimana? *deg2an*

Saiful Azhar said...

wah enno sudah lama ga berkunjung kesini ternyata byk penggemar lo yg suka sama lo sampe2 tulisan lo dicopy tanpa izin...

semoga gw engga ikuta2an mengcopy ya...krn susah mengcopy hatimu *plak* *digampar bolak balik*

hahaha.......... sabar ya enno

rona-nauli said...

wahhh, pagi ini sarapan pagi-ku spesial sekali ^^. Alhamdulillah...

Salut! Tepuk tangan buat Enno and Dee. Rasanya damai di hati....^^

Adhi Glory said...

perjuangkan hakmu, mbak enno... biar mereka jera, biar mereka tahu rasa!

perbuatan 'praktis' seperti ini yg merusal moral dan bikin orang gak maju2

halah, mungkinkah ini akibat kebanyakan nonton sinetron jiplakan? hanya Tuhan yg tahu :D

De said...

Ya mbak, setidaknya dengan "kampanye" anti copas ini, teman-teman jadi mulai belajar saling menghargai hasil karya orang lain.
Dan berdamai, itu lebih baik kan?

Two thumbs up! ^_^

gloriaputri said...

coba kalo si kucing kopi itu jg begini, jd gag repot dan damai kan? seneng aq klo berakhir damai gn :) hehehe...yg lainnya semoga kapok juga :D supaya gag ada kucing kopi lain....dan supaya blogger lain jg gag dirugikan krn tulisannya di copas.
thx 4 share mba enno :)

Enno said...

@selfish jean: ah aku mrs terlalu sombong klo menganggap mrk fans, aku menganggapnya org2 yg 'kepingin menghancurkan diri sendiri dgn ketidakmauannya belajar sendiri' :)

@shally: krn Tuhan juga Maha Pengampun kan? masa aku ga maapin org klo emang minta maafnya tulus... bru jd masalah klo ga mau minta maaf.

@arman: gw ngebayangin lo pake seragam cheerleader lho man... :P

@prasti: klo ga dimaapin kita yg dosa :)

@apis: itu digeplak pake duit seratus rebuan kah? lempar kesinih duitnya yud! :P iya emang hrsnya kita smua brani tegas kyk gini...biar segala kejahatan copas hapus dr muka bumi *mulailebay*

@amalia: gpp asal ga kamu publish ulang tnp link aku ato kamu komersilkan... buat koleksi pribadi it's okay... ibarat kita punya majalah ato novel kan? :)

@azhar ipul: hati gw emang bkn buat dicopy, tapi buat dirayu *plakkk! digampar pacar lo* :))

@rona: sarapan pagi spesialku sih biasanya bubur ayam radio dalam... hiks *ngilerabis*

@adhi: seharusnya kita memang bersikap tegas kan. thx dukungannya ;)

@De: mudah2an byk yg bertobat dan kmbli ke jln yg benar ya :P

@glo: ya aku jg seneng kok endingnya clear :)

Hans Brownsound ツ said...

GO ennooo!
aku ikutan juga ah dalam gerakan anti plagiarisme ;)
hajar enn, basmi semua!

empe said...

saya tukang copycat mbok, ngecopy lirik orang trus taro di blog sendiri :p..

ampunnn... becanda :D

kapan ke jakarta teh?

Nana said...

Saya pernah tersesat dalam dunia plagiarisme... Saya menulis dengan gaya yang hampir sama persis dengan tulisan teman saya... Dan saya kena teguran dari teman saya yang lain dan tentunya juga dari penulis yang saya contek...

Tapi, saya hanya melakukannya sekali itu saja... Karena ternyata menulis dengan gaya sendiri jauh lebih asik... :)

Enno said...

@hans: hush! entar aku dibilang belagu... kan udah kubilang aku bkn polisi :) ini sedang menyusun cara lain utk mendptkan copyright semua tulisanku disini... tunggu aja ;)

@empe: meni sibuk euy disinih... tau atuh ke jktnya kapan,pdhl kangen bubur ayam radio dalam huaaaa....

@nana: yg seperti kamu patut diteladani ya na... makasih ya udah sharing. cayo! :)

Elsa said...

aku juga TERCENGANG dengan begitu banyaknya tulisan Enno yang dicopy orang lain.

di satu sisi, itu suatu hal yang membanggakan seharusnya, bahwa tlisan Enno pasti dapat nilai BAGUS dimata banyak orang, sehingga mereka ingin mencurinya

tapi disisi yang lain, jelas merugikan dan menyakitkan. apapun, yang namanya pencurian tidak bisa dibenarkan. iya kan??

well, salut buat mereka yang sudah menghapus

selanjutnya, masih banyak lagi ya??

ayo Enno... perjuangkan teruuuuussssssss
semoga berhasil

ya, setuju, ini bisa jadi pembelajaran buat semuanya. termasuk juga buat aku

bayaqu said...

waduh rame ya, para punglitamanya(pungutan liar tanpa minta)...

Wuri SweetY said...

Butuh kebesaran hati lho untuk minta maaf, apalagi memaafkan. Syukurlah kalo berending baik kayak gini.
Lagi gencar nich gerebek para copycat...Biar kapok mereka.

Enno said...

@elsa: aku kok ga bangga malah pengn nangis ya sa? hiks... ayo dong pd punya malu, jgn main jiplak ajaa :(

@bayaqu: klo aku minta fee dr mrk, pasti dah bisa beli SCOOPY hehe *sedangngidamscoopy* :)

@wury: klo minta maap, masa ga dikasih? :) haduh wuri, baju kamtibnya dipake dulu tuh! hehe...

chiekebvo said...

ebuset..masih ada 1 lagi mbak??apa saya bilang mbak enno emang seleb blog,makanya mereka copas sana sani yang notabene itu BIG MISTAKE.
mbak enno dilawan..belom tau mereka ya mbak.. :P

peri musim said...

wah, canggih bisa minta maaf, yang copas blog aku, nggak ada satu pun tuh, malah makin petakilan senga-nya. tolongin dong mbak enno, hehehe

fika said...

Prok prok salut mba enno...

sheila said...

cek blog kami, ada sesuatu untukmu :)

Enno said...

@chie: hah seleb? wah, aku mesti nyamar ni klo kluar rumah mulai skrg... takut pd minta foto bersama! hahaha...

@peri musim: wah iya tuh, pengen jg sih ngejitak siapa tu namanya..ckckck.. minta tolong sama ormas yg suka maen serbu aja git... yg itu tuuu... *gabraninyebutnama* :))

fika: itu prok prok maksudnya apa ya? kamu seorang kapiten? hehe pis! :P

@sheila: iyaaaa.... aku menang kuis! hihihi makasih yaaa :))

Inez said...

Gila.. banyak aja kak yg nyontek..
Kirain cuma 2 ato 3..

Btw, bagus Dee! Smoga udahan ya hobinya..

K. Enno, spt kata semua org, keren!
(Nah, ayo nulis lagi.. XP Pengen ketemu Maud lagi!)

i.M.a said...

Mbak Enno, tanya dong...
Gimana caranya pake copyscape sih? Aku udah masukin URL blog-ku kan, tapi habis itu tulisannya no result found? *bingung* Apa masukin banner copyscape ke blog kita, udah otomatis ke protect?
Terus, terus *banyaknanya*
Karna penasaran, emang gimana sih cara nemuin yang co-pas kata-kata dari blog kita? Dicariin 1-1?

Enno said...

@inez: tau ni kok pd tega ya.... :( maudnya blm dilanjutin nez... aku msh trauma hiks.... sabar ya....

@i.M.a: klo pake copyscape spy efektif masukin URL tulisannya, jgn URL blog... pilih yg mnrt kmu bagus & byk dikomen. byk dikomen brarti byk disukai org, dan itu artinya rentan dicopas... ato bs manual pake google, masukin satu2 alinea tulisanmu yg kmu anggap unik dan bagus... emang hrs dicari satu2. tp biasanya klo ketemu satu aja, di blog ybs itu kmgknan ada lg tulisanmu. biasanya polanya biasanya begitu... :)

Enno said...

tp klo kamu pny temen yg paham IT, kmu bs tanya... krn mgkn aja mrk pny software utk tracking spt temen2ku yg bantuin aku kmrn... :)

Huda Tula said...

ckckck... tulisanmu memang keren. tapi tetap saja itu bukan berarti boleh dicopas.

kuatir juga nih, jangan2 tulisan saya juga ada yang dicopas#keGRan...

Salam kenal^^V

NuellubiS said...

wah gila yaaah si henny jiplaknya... OMG!!! setelah dapet teguran dari lo, blog nya nyaris kosong melompom.....


btw tetep ngeblooog mbaaa... jangan kendor... yah itulah resiko ngeblog dan jadi blogger tenaaar. ^^v

baca ini gw juga jadi takut tulisan2 gw di blog kena copas jugaa. :(

ikut prihatin

dan salam kenaaal

NuellubiS said...

http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/06/etika-ngeblog-di-mata-para-blogger.html --> di link ini banyak loooh yang minta supaya mba tetep ngeblog lagi... :)

gloriaputri said...

baca komen nuel bikin saya langsung lari ke blognya henny
ternyata benar, dihapus semua mbaaa.....ckckckckk....

YeN said...

sepertinya cukup banyak ya blog abal2 yang isinya cuma copas-an dari blog orang lain yang tulisannya bagus..

yg penting tetep semangat ya mbak, toh Tuhan tahu siapa yang benar dan siapa yang salah :)

Beatrix said...

Enno, sabar ya...

Ini emang masalah moral yang susah dibrantas...
Kalo dibilang, seperti orang yang ga belajar, emang bener sih...
Copas terus dipublish.. bikin kesel!!!
(*mana bakiak!! mau ta lempar!!! :-P

Saya juga search tuh blog dia, bener sakit tuh orang!! Geuring!! beneran dihapus semua, cuman disisain foto yang menyebalkan.

Saran aja, Enno...
Blogmu dibuat supaya ada pengaman, jadi setiap ada yang mau blok tulisan apalagi klik kanan, keluar warning, atau dibuat sama sekali ga berfungsi. Itu yang paling mungkin dilakukan, supaya Enno tetap bisa menulis...

Saya pengen Enno teteup nulis..
Saya suka tulisan kamu.

Enno said...

@huda: halo huda... thx ya,salam kenal :) udah dicek? dicopas jg kah? :D

@nuell: tengkyu ya nuel ;)

@glo: hehe, smua isinya kompilasi dr tulisan org2, kaliii... :D

@yen: iya, yg kayak gini susah dibrantas kyk korupsi hehe... tengks ya yen :)

@beatrix: klo dibikin ga bs klik kanan, tar sekretaris kenzo ga bs copy utk translate, darling... lagian percuma aja. ga bs diklik kanan, tp msh byk cara laen buat copas lho... aku skrg dah register tools berbayar kok, jd bs ngawasin blogku dan negur2 yg copas... freak ya? hahaha bodo ah! tengkyu ya, aku tetep nulis deh :)

Tisti Rabbani said...

*melongo*....baca postinganmu yg tentang maling itu...heeee...rupanya msh ada psikopat2 itu....

hadeeuuhhh ( >.< ) ..

Enno said...

iya jeng tisti... masih banyaaaaaak :((

adhi said...

yaampun mbakkk!! nama aku gak di tulis juga???biar sekalian promosi gitu..

:))

semoga aja deh blog ku gak ada yang copas ya..hahaha

blog jelek gitu..ahahahah..

Enno said...

hahaha.... katanya lagi nyamar....
skrg minta dipromosiin...

gimana seh! :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...