Wednesday, April 21, 2010

Jata The Gorilla

Saya sudah lama kepingin punya gorila.
Aneh? Biar. Gorila betina yang akan saya beri nama Jata. Itu bahasa Swahili yang artinya 'bintang'.

Kenapa gorila? Kenapa bukan simpanse? Itu pertanyaan seorang teman. Dia sih tidak menertawakan keinginan saya untuk punya gorila (karena dia tahu kadang-kadang keinginan saya memang aneh-aneh). Tapi dia bilang biasanya orang lebih suka pada simpanse yang kelihatan lebih lucu dan fisiknya tidak sejelek gorila.

Simpanse? Tidak ah. Banyak orang tidak tahu kalau simpanse itu lebih agresif dari gorila. Sifatnya lebih antagonis dan liar. Simpanse yang sedang ngambek tidak segan-segan menyerang pemiliknya. Mereka menggigit dan mencakar. Kalau beruntung, Anda cuma dilempari tinjanya. Simpanse di alam liar lebih mengerikan lagi. Mereka biasa menculik bayi-bayi manusia dan memakannya.

Secara fisik gorila memang buruk rupa. Tapi primata ini sebenarnya lebih cerdas dari simpanse. Mereka primata yang lebih peka, sensitif, penyayang dan lemah lembut. Gorila di penangkaran tidak agresif. Kalau mereka marah, biasanya menggunakan simbol. Misalnya merobek-robek kertas atau mencabik-cabik kain. Gorila di alam liar juga memilih menjauhi manusia. Tetapi jika mereka diganggu, mereka akan memberi peringatan dulu, tidak langsung menyerang. Menggeram, mencabut-cabut rumput, memukul-mukul tanah, bergerak menyamping, menggeram lagi, baru menerjang. Lumayan lama kan prosesnya? Jadi kita punya waktu buat kabur hahahaha...

Saya pernah baca laporan ilmiah tentang primata yang diajari bahasa isyarat (bahasa untuk tuna rungu atau tuna wicara). Dan ternyata mereka punya kemampuan bahasa yang baik. Mereka bisa berkomunikasi dalam percakapan sederhana. Jadi, kalau saya punya gorila, saya akan ajari bahasa isyarat ah. Saya jadi bisa curhat kan? Hehehe

Memangnya nggak seram? Tanya teman saya sambil nyengir.
Gorila memang besar sih. Seekor gorila jantan tinggi badannya bisa mencapai 150 hingga 190 cm jika berdiri. Lebar jangkauan tangan dari kanan ke kiri mencapai 144 cm. Di alam liar, berat badan seekor gorila sekitar 200 kilogram. Tapi di alam liar, berat badannya bisa sampai 270 kilogram.

Ada dua jenis (subgenus) gorila. Pertama, gorila yang tinggal di sebelah barat Afrika, yakni gorila Dataran Rendah Barat (gorilla gorilla) dan Seberang Sungai (gorilla diehli). Kedua, gorila di sebelah timur Afrika, yakni gorila Dataran Timur Rendah (beringei graueri) dan Pegunungan Beringei (beringei gorillas). Salah satu habitat gorila di dunia adalah Pegunungan Virunga di Afrika Timur. Lebih dari 700 jenis gorila hidup di situ, dan menjadi salah satu laboratorium primata terbesar.

Saya sampai hapal ya? Hihihi. Dan sampai berkunjung ke sini

Oh ngomong-ngomong, saya juga baca novel Congo dan nonton filmnya. Itu membuat saya tambah tertarik pada primata yang satu ini.

Memangnya boleh memelihara gorila secara pribadi? Tanya teman saya.
Kayaknya sih nggak boleh ya. Hanya boleh untuk keperluan riset ilmu pengetahuan dan koleksi kebun binatang.

Aduh, gagal deh saya memelihara Jata! Dasar orang aneh! :P



Image and video hosting by TinyPic

13 comments:

empe said...

diajak curhat yakin gak bakal ember, tapi sayang gak bisa kasih advice :D

Brokoli sehat said...

no, no, muka gorila teh pikarunyaeun *nonton waktu di film mighty joe young*. Maka sejak itu gw berikrar untuk piara hiu aja, soalnya mukanya teu pikarunyaeun

Enno said...

@empe: hihihi... embeeer...

@brokoli: wahahaha...hiu? lbh aneh lagi.. iya, emang mukanya bikin iba ya? oh jata.... :p

madinger said...

err..
saya gak suka gorila ^^

Ariyanti said...

Heee? Baru sekali denger ada yg mau melihara Gorila, unik juga ^^
Kalo gak salah Tarzan juga diasuh sama Gorila ya? Kalau betul, berarti benar Gorila itu baik & lembut ya..

Desfirawita said...

wkwkwkwk...emang aneh ya mbak ku ini. tp kayaknya seru juga ya. hihi...

denny said...

tetep ya

disana curhat
disini curhat


hahahahahahhahhaahahahahaha

Enno said...

@madinger: hihi lalu sukanya apa? kingkong? :P

@ariyanti: iya gorila emang baik kok :)

@wiwit: hahaha mau miara juga satu?

@denny: daripada kau miara hantu hiiii....

Arnold Linting - Ode said...

Kalau pelihara gorila apa ga takut orang2 ketuker manggilnya nanti?
Enno jadi Jata, Jata jadi Enno :P

Sari Anggraini said...

i always love gorilla. they're adorable..

bulu2nya hangat dan pantatnya lebaaaaar.
jadi inget, pengen punya boneka gorilla yang besaaaar. boneka sekarang terlalu kecil untuk di peluk :)

Intan Alasdair said...

LOL. I dont keep pets personally, but i think i kinda understand why youd want to have a gorilla as they do look cuddly and loving - influence of popular culture such as tarzan and king kong and mighty JY? I dont think it looks grotesque, though, its just how it is. :p anyways, if i find out that you can keep gorillas, ill tell u for sure. ;)

kristiyana shinta said...

aneh si pengen punya gorila,

berarti bener don't judge the book by it cover,

gorila yang segitu seremnya aja kata mba enno baik,, hehe

ya kan mbak?

Enno said...

@arnold: wahahaha bener juga ya :P

@sari: hihihi nah itu dia alasannya... :P

@intan: hahaha yeah, i'm waiting for ur info :P

@kristiyana: tampangnya serem, tapi emang lovable lho :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...