Saturday, March 19, 2011

Today is Birthday

Pagi tadi, Ibu membangunkan saya yang tidur lagi setelah sholat subuh.
"Retno, bangun! Jangan tidur aja. Beres-beres sana!"
Saya memicingkan mata dan mengeluh. "Masih ngantuk Buuu... semalam bangun jam satu pagi gara-gara suara kucing berkelahi."
Lalu tiba-tiba saya sadar bahwa Ibu sudah meninggal. Saya lalu memandanginya. "Ibu kemana aja? Retno kangen...."
Ibu cuma tersenyum. Senyum kecil yang sama dengan senyum saya kalau sedang di foto. Tidak memperlihatkan gigi.

Seketika saya terbangun. Mimpi. Saya cuma mimpi.

Di ponsel saya melihat tanggal. 19 Maret. Hari ini ulangtahun saya. Itulah sebabnya Ibu datang dalam mimpi. Meski beliau tidak mengucapkan selamat ulang tahun, saya tahu kehadirannya dalam mimpi adalah hadiahnya untuk saya yang sedang merindukannya. Mendiang Ibu memang tidak pernah mengucapkan selamat ulang tahun pada anak-anaknya. Beliau menunjukkan perasaannya dengan tindakan, dengan perhatian. Membuatkan nasi kuning, atau kue, atau memasak menu favorit kami. Seperti itulah Ibu.

"Hey bocah, happy birthday. All the best and many success. GBU." Pesan pendek dari Didit, teman SMP saya masuk ke ponsel pagi tadi.
Saya tertawa. Panggilan 'bocah' itu adalah cara kami saling memanggil antar teman di SMP dulu. Tidak cocok lagi di umur kami sekarang, tapi terasa sangat manis dan membangkitkan kenangan indah masa abege kami dulu.
"Kok tau gue ulang tahun?" Tanya saya.
"Tau dong, elu kan penulis fave gue!"

Ah, rupanya dia masih sering membaca blog ini ya? Ngomong-ngomong, sudah pernahkah saya bilang kalau Didit itu ganteng sampai-sampai fesbuknya penuh dengan perempuan? Hahaha...

Dit, makasih banyak udah jadi temen gue sampai sekarang :)

Ulangtahun tahun ini tanpa Ibu, tapi saya bersyukur mendapat begitu banyak perhatian. Ucapan selamat di fesbuk, di ponsel dan email. Beberapa teman dan sepupu menelepon, beberapa kado sampai di rumah meski tidak saya harapkan. Dan yang lebih berarti adalah doa dari mereka.

Hari ini, saya tidak hanya memanjatkan doa syukur karena telah dipanjangkan umur dan diberi nikmat yang begitu besar oleh Tuhan. Saya juga berdoa bagi keselamatan kita semua. Berdoa untuk orang-orang yang saat ini sedang ditimpa bencana dan kesulitan. Saya percaya Tuhan selalu mendengar doa orang yang berulang tahun.

God bless us. Amen.


gambar dari sini



Image and video hosting by TinyPic

21 comments:

Henny Yarica said...

happy birthday mbak enno
Ya Allah..semoga mbak ku ini panjang umur, sehat terus, rejeki dan jodoh dimudahkan, dan sukses terus.

dan semoga ada traktiran buat aku.
amin..

Henny Yarica said...

biasanya doa komentator paling pertama itu selalu dikabulkan.

AMIIIIIIIN..

Desfirawita said...

Happy b'day, mbak Enno...
wish all the best for u...
sukses terus ya.... :)

penjual kenangan said...

selamat hari lahir, mbak enno. semoga semakin menyebarkan banyak bahagia. dan, semoga semakin banyak doa yang menjelma. :)

Baby Dija said...

Tante Enno...
Selamat Ulang Tahun ya....

Tante Enno beruntung sekali, Ibu bisa datang pas hari ulang tahun Tante Enno, meskipun cuma mimpi

tanggal 23 maret lusa... Dija juga ulang tahun yang pertama lhoo
doain Ibunya Dija juga bisa datang ya Tante ...

Dija juga kangeeeeeeeeen sama Ibu

Elsa said...

Happy Birthday Enno....

gloriaputri said...

wish you a very Happy Birthday Enno..
aq gag kenal km bgt, tp baca kisah ttg ibu mu, rasanya aq tau perasaanmu kayak gmn :)

cheer y'
http://gloriaputri.blogspot.com

Arman said...

happy birthday ya no!!!
moga2 happy2 selalu...
moga2 semua keinginan lu bisa tercapai ya...

f4dLy :) said...

waduh...kayaknya aku terlambat nih..maklum pengunjung baru...
Happy birthday yah...semoga panjang umur dan mampu memberikan tulisan2 yang lebih menarik lainnya...
salam kenal sebelumnya...

cilpy said...

Happy Birthdayy Enno... ^^
Semoga apa yang diinginkan bisa tercapaii..pokoknya yg terbaik buat Enno..salam kenal ya :)

Enno said...

@all: guys! makasih ya,,,, doa kalian sangat berarti..

Henny, traktirannya pending dulu ya hahaha

dija sayang, semoga alm ibu hadir di ulangtahun dija juga ya sayang. cups!

*hug you all*

Apisindica said...

happy belated birthday mbak. Semoga yang baik-baik selalu menyambangimu setiap waktu. aaaaaaaaaamiiin.

gloriaputri said...

hi Enno, aq kasih km award :)
itung2 hadiah ultahmu :)
check link nya ya
http://gloriaputri.blogspot.com/2011/03/my-first-award.html

cheer y'

Dewi Srikandi said...

Happy birthday mbak Enno.. wishing you the very best things a year ahead :)

maya said...

aku telatttttttt... soir ya enno, soalnya beberp hari ini dilanda sakit >0<
hepi beday ya, sbnrnya pen ngeposin post card, tp berhubung daku tak tahu menahu alamt enno, y jd mentok di niat :D
universe bless u. n i love ur writing, as always. and oh, mgk kado terindah udah kamu dpt lewat mimpi itu :)

Enno said...

@apis: amiiiinn.... makasih yaaa :D

@gloria: aw! makasiiih... otw ah hihi :D

@dewi: amiiin.... tengkyu dewi :D

@

Ceritaeka said...

Menanti traktiran ultah :P hihihi

Hans Brownsound ツ said...

HAPPY BELATED BDAY ENNO!
sorry telat ya. aku baru buka blog. ga bilang2 sih, heheh :D

Enno said...

@eka: hahaha... diwakilin adrian aja gih! :P

@hans: hehe makasih hans... gpp, maklum kok, sibuk ya :P

kristiyana shinta said...

happy belated birthdaaayy my dearst sista'

gloriaputri said...

waw :) aq baca ini lagi ya mba Enno :) sebelum baca link yg kamu kasih :)
anyway, aq br ngeh looo...km punya fesbukk to ternyata?
mana????
hehehhee, ta add sini...soalnya aq uda curiga, masa iya punya pages tapi gag punya akun sendiri sbg admin :p

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...