Wednesday, November 25, 2009

Terasing

Sepanjang masa kecilku yang kuingat-di bawah tudingan tongkat kakekku yang tidak suka padaku karena aku dianggapnya membikin bangkrut orangtua-tempat yang paling kubenci adalah rumah sakit.

Waktu kecil, tubuhku sensitif pada udara dingin plus kami tinggal di Lembang Bandung yang suhunya sangat dingin. Akibatnya keluar masuk rumah sakit bukan hal baru bagiku di masa itu. Setelah kami pindah ke Bogor dan Jakarta yang udaranya lembab dan hangat, aku menjadi sehat dengan sendirinya. Tetapi tetap saja aku membenci rumah sakit.

Dan di tempat itulah aku berada, beberapa waktu yang lalu. Di sebuah kamar rumah sakit yang suram, dikelilingi aura kesakitan dan kematian. Ada hantu-hantu jelek yang sesekali muncul di jendela dan suster-suster yang tak satupun semanis Suster Sandra, pacar Denny. Cuma ada dua jenis suster di sana: tua, jelek dan judes; muda, jelek dan judes. Dan mereka semua gemar menusukkan jarum suntik dengan gaya melempar panah dart.

Tak ada satupun hiburan, meski sesekali ada yang menyelundupkan laptop agar aku masih bisa menulis dan menyapa teman-temanku.

Bau obat dan disinfektan membuatku muak dan ingin kabur. Meski aku tahu, begitu aku pulang ke rumah, segala persoalan itu akan menyerbu lagi.

.....

Pagi itu, seseorang meletakkan tangannya di atas tanganku. Tangan yang berat, kasar dan hangat. Tangan yang membuatku langsung membuka mata dan orang yang tak asing lagi itu tengah berdiri di sisi ranjangku.

Halo Warrior Princess, katanya. Siapa yang membuatmu jadi begini? Ia menyodorkan sebuket mawar sambil menyeringai. Ini untukmu. Seringainya berubah jadi gelak tawa ketika melihatku meringis.

Kamu kan tahu, aku nggak suka bunga, dodol! Sergahku. Ah, tapi aku tahu ia sengaja menggodaku. Membuat pertemuan ini menjadi lucu. Menghiburku agar tertawa.

Dan ia duduk di ranjang dekat kakiku. Wajahnya berubah serius. Kamu kenapa? Tanyanya. Kamu biasanya tidak begini. Kamu jarang sakit kecuali flu dan PMS kan? Lantas ia melihat sekeliling kamar. Mana dia? Tanyanya. Dia sudah datang?

Aku tahu siapa yang dimaksudnya. Aku mengangguk, lalu menggeleng. Mulai ngeri melihat wajahnya yang tiba-tiba gusar. Aku menarik-narik lengan kemejanya, mencoba menarik perhatiannya. Tapi ia tak menggubris wajahku yang memohon. Dia tahu kamu sakit? Ia menatapku tajam. Dia seharusnya tahu, ini sudah melewati batas yang bisa kamu tanggung sendirian.

Please, ujarku. Kamu tidak datang kesini untuk menghakimi orang kan? Kamu datang untuk menjengukku dan memberiku semangat. Bukan salahnya aku sakit. Tapi wajahnya yang menatapku seperti ingin berkata bahwa itu omong kosong. Kenapa aku merasa sudah salah mendukung hubunganmu dengan dia? Tanyanya keras.

Aku tidak butuh dukunganmu, sahutku dingin. Tolong jangan berpikiran buruk tentang siapapun yang sedang pacaran denganku. Kita sudah mengambil jalan masing-masing.

Kulihat ia menunduk. Maaf, katanya. Salah sendiri kamu rapuh. Kamu sendiri yang bilang aku ini pelindungmu. Dan seharusnya ia datang. Seharusnya ia yang disini, bukan aku.

Kamu pelindungku. Ya itu benar. Itu sudah cukup. Jangan ditambah-tambahi lagi, kataku. Ia tersenyum mendengarnya. Lalu kutarik lagi lengan kemejanya agar ia mendengarku. Aku mau pergi. Dan ia terkejut. Mau kemana? Tanyanya. Entah, sahutku. Bagaimana kalau ke Raja Ampat?

Papua? Ia meringis ngeri. Jauh sekali. Ke Jogja saja. Mama pasti senang kamu datang. Menginap di rumahku. Kamarnya kan banyak. Kamu bisa pilih paviliun yang luas. Aku kan di Jakarta, kamu tidak usah khawatir Mama mengira macam-macam.

Aku menggeleng. Ingat mamanya yang kecewa ketika kami putus dulu. Padahal mamanya begitu cocok denganku. Kami sama-sama suka jalan-jalan dan mengobrol. Aku ingat suaranya yang selalu riang jika kutelepon. Sayang, kapan menengok Mama di sini, Nduk? Nggak kangen sama Mama ya?

.........

Siang itu sebelum pulang, ia memberiku pelukan hangat. Cepat sembuh ya, katanya. Jangan bikin aku cemas terus. Kabari aku kalau butuh sesuatu. Kapanpun, jangan sungkan. Janji?

Ia pergi. Dan aku merasa kesepian lagi. Aku merasa terasing di sini.

_______________

Buat teman-teman yang mengirim pesan lewat e-mail, SMS, telpon, offline message YM, dan di blog ini, makasih ya atas doanya. Aku baik-baik aja. Aku ini warrior princess, kan? :)


Image and video hosting by TinyPic

36 comments:

Apisindica said...

aku yakin dalam kesakitan itu, mba enno pasti baik-baik saja. Jiwa perjuangmu terlalu tangguh untuk dikalahkan jenis sakit apapun. Hehehe, lebay.

Udah baikan tapi kan Mba? cepet pulih yah!

cinta lama menggugat kembali yah? hihihi. pasti dilematis. Semangatttttt!!!!!

Gogo Caroselle said...

mbaku, ,kalo kamu sakitnya di batam udah aku bawain sup buatanku yang enyak biar cepat sembuh....

untung mbayu warior princess yahhh... hihi

-Gek- said...

Lo.. sang pangeran belum datang toh??
Lumayan kan Mbak, sudah ada yang meluk?
cepat sembuh, kita semua pasti doakan Mbak.

nge hugs bareng yuks.. :)
Mwah!

wendra wijaya said...

Semoga cepat sembuh mbak....
Obat yang sejati adalah doa dari orang-orang yang menyayangi mbak....

Yakinlah!

Grey_S said...

Mba Enno, cepet sembuh yah.

Aku ga tau mba sakit. Tp aku yakin Warrior PRincess memang akan baik-baik saja.

lina said...

dari jauh cuma bisa mendoakan, semoga cepat sembuh.

masih keliatan penjenguk itu peduli banget sama mbak enno

Enno said...

@apis: iya aku kan tangguuuh! ih bkn cinta lama menggugat ah! udah masa lalu kok... :)

@gogo: aduuh makasih ya go... tapi, yakin supnya gak beracun go? hihihi

@gek: ih maunya kan dipeluk dia :P]

@wendra: thx ya! iya aku yakin sekalee! :)

@grey: thx grey, iya ya. hidup warrior princess! :)

Bandit Pangaratto™ said...

yeahh... the warrior princess..

baiklah.. semoga tetap baik" saja..

*ayo berlomba siapa duluan g sampe ke Raja Ampat... :D

Enno said...

@lina: ehehehe peduli padaku kan hukumnya wajib :P

@bandit: hihi ayo, sapa takut! :P

Elsa said...

Enno, kita sama!!!
aku juga benci udara dingin.
aku juga benci rumah sakit.
aku juga benci dokter2 itu...

hehehehheheeeee

t.e.3.k.4 said...

syukur deh enno udah sembuh...

warrior princess ayoooo terus cemangadh!!!!

Enno said...

@elsa: ehehe pernah disuntik pake gaya ngelempar dart kan sa? :P

@te3k4: hohoho makasih makasih.. salam buat kang edward ya bu :P

Azhar said...

enno dah sembuh belom??

hayoo semangat......semangat

kenapa sih pengen pergi mulu nulisnya,,,kenapa?? *pengen tau mode on* hehehe

Enno said...

@azhar: iya iya! makasih! udah lumayan, masih lemes, masih blm bs kemana2, masih terbaring manis di kamar.

pengen tahu kenapa sll nulis kayak gitu? karena ya pengen pergi... :P

Pohonku Sepi Sendiri said...

tuu kaannn.. bener kaannn..
mbak enno mo ke raja ampat kaannn.. ikut ya mbak.. hihihi..

eh, betewe masih blum mendingan ya mbak? masih di rumah sakit? masih ngeliat hantu2 jelek disitu? hiiii..

duhh, cepet sembuh ya mbak.. :)

owly said...

hati-hati CLBK :)

aaaah.. sama sekali dengan kuuu...

owly said...

ayoo warrior princess!! jangan patah semangadh sama sakiiit!! hehehehe

Gendhis said...

Ya Tuhaaannn, nangis lagi gue Mba...
Pacar yang belom nengokin, mantan yang justru udah dateng nengokin, ama penggalan cerita ama mamanya si mantan, kombinasi yang...???

Desi Eria R. said...

wah, so sweet banget penjenguk yg satu itu.
mantan pacar kan?hehe...
aku ko denger ceritanya malah sayang kenapa kalian putus hehe walopun ga tau apa masalahnya kenapa kalian putus dan skrg enno udah punya cowo baru, tapi aku liat ketulusan didirinya.
Yaaah, kalo jodoh mah ga akan kemana hehe.
Moga mba enno selalu diberikan yg terbaik :D

Arman said...

hehe gua juga mau nanya yang sama ama si desi.. kenapa gak balik ama si ex aja? hehe. but it's none of my business of course.. :)

yang penting elu udah sembuh ya...
trus jadi sekarang udah di papua nih??

have fun yaaa

Sari said...

Enno yang tangguh, kamu pasti bisa melewati semua yang menghadang langkahmu !! Kamu sudah sejauh ini & pasti sudah banyak belajar. Hanya kamu yang tahu apa yang terbaik buatmu.

Tetap Semangat, Enno The Warrior Princess !!!

*Hugs Enno*

:P

Tha said...

semangat mbak...cepet sembuh ya,
dan jangan kesepian lagi kan ada kita-kita disini ^^

*hugs*

Freya said...

lagi sakit ya? moga cepet sembuh ya. Btw, kalo ke jogja, bilang2 aye dong biar bisa ketemu hehehe. Nti kita wisata kuliner di jogja. Oke?

Alil said...

awesome...

emang bener2 warrior princess... dalam sakit pun masih bisa menulis seindah ini...

awesome..

lilliperry said...

lagi sakit mbak..?
cepat sehat ya.. supaya bisa membasmi kejahatan lagi.. :)

Jeanne said...

Get well soon,dear...
U are a talented writer...
going to miss your blog :))

denny said...

Xena,




molor mulu...
bangun ...

dah sibuk orang antri mau jenguk.. :P

denny said...

cie xena dijenguk batosay...

uhuyyy..

maya sitorus said...

bageuran si "eta " atuh neng,,make bawa2 bunga deui,,,mmmm,,,kepikiran lu ama si "eta" waeee...lebih real

hahhahahah
teuinggg ketang
panah dewa cupid mah ga bisa diarahin semau kita geuningan nyaa...

Enno said...

@pohonku: udah di rumah kok sekarang... makasih, berkat doa teman2 :)

@owly: CLBK? semoga enggak... urusan yg ada sdh cukup rumit. yeah, aku tetep semangat kok! :)

@gendhis: cup cup... jgn nangis, nanti disana banjir lho :)

@desi: hahaha setiap keputusan pasti ada alasannya... amin, makasih doanya ya :)

@arman: it's ok, man... byk yg ngomong sama kok. kenapa gak balik aja? hmmm.... jodoh kan Tuhan yg ngatur ya gak sih? ;)

@sari: makasih bu sarce... sini kupeluk juga! :D

@tha: iya, iya... ada kalian kok ya... makasih support-nya... *hugs*

@freya: iya ih... aku kangen makan gudeg dan nasi kucing lesehan :P

@alil: makasih alil.... :)

@lilliperry: oke cok... penjahat2 itu akan tau rasa nanti! :D

@jeanne: thanks, but don't worry, aku akan usahain tetep nulis kok :)

@denny: sssst....

@maya: ada byk alasan utk tidak bisa bersama org tsb diatas, tau! hahaha

ajenk said...

ihikz...dijengukin sang mantan niyeee xixixixixi....

bagooooooss....! *hloh?* Mr.K cemburu tak ??

bayu said...

gak tau jenk... :)

Ria said...

knp gak pacaran lagi aja sama yg bikin senyum tadi? kan udah cocok tuh mamanya :D

cepet sembuh ya neng...dirimu pasti akan baik2 saja...yakin deh ;)

Enno said...

@ajenk: entah...

@ria: ada prinsip yang nggak bisa nyambung makanya putus. makasih, udah sembuh kok :)

Shin-kun said...

Hai Warrior Princes :D, ini komen pertama Shin-kun di tempatmu, salam kenal yak :)...

Postingannya bagus, bahasanya enak, hehehe..., Shin-kun mau belajar dari sini aah... :p

Enno said...

@shin-kun: aku juga minta diajarin bikin anime dong hehehe :P

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...