Monday, September 7, 2009

Lari ke Jakarta

Pesan pendek untuk Denny:

Disini panasnya nggak ketulungan. Aku tepar. Finally aku bisa cuci mata lagi di mall dan liat cowok-cowok ganteng. Oh senangnya! Salam ya buat Kenzo.

...........

Hihihi. Saya bukan sedang membuatmu cemburu, darling. Saya kan punya mata. Ya mau nggak mau cowok-cowok ganteng itu terlihat oleh mata saya yang indah ini. Eh, saya baru melarikan diri ke Jakarta lho. Mencari udara panas dan keramaian. Saya bosan di tempat dingin dan sepi ini. Sendirian, tanpa kamu.

Udara panas langsung menyambut saya seperti taburan confetti dari jarum-jarum panas yang menusuk kulit. Saya naik metromini ke rumah kost yang dulu. Aneh, saya kangen metromini dan rasanya senang sekali bisa mengukur jalan lagi bersama sopir batak yang hobi ngebut. Tidak ada karpet merah dan taburan confetti di kost. Tapi peluk cium dan sorak gembira teman-teman tersayang.

"Wah Enno tambah gendut! Rambutnya kok panjang? Belum potong rambut lagi?"
"Di sini lama kan? Nginap di kamarku ya?"
"Untung aja aku nggak jadi pergi! Rupanya firasat kamu bakal datang!"

Malam pertama di Jakarta, saya pergi ke mall tempat biasa saya belanja keperluan bulanan. Kangen nongkrong di depan gerai bakerinya, menunggu banana cake panas dikeluarkan dari oven.

"Mas, tolong ambilkan ya. Panas."
"Wah Mbak, udah lama nggak kelihatan."
Ah, si koki pembuat roti ternyata mengenali saya!

Menjelang buka puasa, ada teman yang memasak untuk saya. Padahal ia sedang tidak puasa.
Pertama, ia memasak sup. Menggoreng telur dadar. Menggoreng tempe.
"Wah, supnya enak tuh kayaknya!"
Eh, dia masih membuat bihun goreng.
"Astaga! Masak melulu! Siapa yang mau makan?"
"Ya kamu."
"Hah?"
Dia masih menyiapkan lagi sesuatu.
"Woy! Mau ngapain lagi?"
"Masih punya kornet nih."
"Aaaaaah! Udaaaah!"

Buka puasa bersama-sama. Seperti tahun lalu. Saya yakin, sepertinya saya bakal berat meninggalkan mereka lagi.

Tahu tidak, malam itu kami mengobrol sampai malam. Akhirnya tidur beramai-ramai di satu kamar, dengan televisi yang terus menyala sampai waktu sahur tiba.

..........

Hari kedua.
Kami ke Tanah Abang. Mereka ingin belanja baju lebaran, saya cuma ingin melihat-lihat.
Tanah Abang menjelang Lebaran. Panas, padat, penuh sesak. Ribuan orang sibuk berburu pakaian baru.

"Cuma beli legging?"
"Ya. Di kampungku dingin. Kalau pakai legging malah hangat lho."
"Nggak beli baju? Pakaian muslim buat ke masjid?"
"Nggak. Yang lama juga masih ada."
Darling, saya tidak sampai hati membeli pakaian baru. Sementara tak jauh dari kampung saya terhampar tenda-tenda tempat para korban gempa bertahan hidup.

.........

Hari ketiga.
Mereka meninggalkan saya di kost pagi-pagi. Berangkat ke kantor masing-masing.
"Mau kemana hari ini?"
"Ke Blok M."
"Wah mau ketemu sopir-sopir metromini favorit?"
"Hahaha."

Saya ke Blok M. Menyusuri jalan-jalan kecil pengap diantara deretan kakilima yang menjual segala macam barang. Saya lebih suka bertualang di sini daripada plazanya yang ber-AC. Teriakan-teriakan pedagang menarik pembeli yang sangat familiar, bahu-bahu yang saling bersenggolan, tawar menawar harga yang alot, barang-barang kecil yang murah meriah, pengemis berkaki satu di tengah lorong. Saya mencarikan sesuatu untuk Ussy. Sesuatu berwarna pink, warna favoritnya.

"Retno, jangan kelamaan. Titip anak-anak, aku mau periksa ke dokter di Bandung!"
"Iya, iya."

Menjelang sore, saya memutuskan pulang. Kembali ke kota leluhur yang sangat dingin, meninggalkan kota panas yang saya cintai.

"Jakarta aja dikangenin! Panas, macet, semrawut!" Seseorang berkata sinis kepada saya.
"Ya itu kan kata orang kampung kayak kamu!"
Tuh kan. Kumat deh judes saya.

Image and video hosting by TinyPic

21 comments:

Violet said...

hehehe...jadi ceritanya reunian ama teman-teman di jakarta?seru juga yah.
ga apa2lah, mata bisa melihat ke mana saja, tapi hati tetap untuk Kenzo seorang. Hehehe...
Lam kenal yah mbak enno.... ^_^

Arman said...

Wah yang ngomong "jakarta kok dikangenin?" itu pasti belum pernah nyoba tinggal di jakarta ya???

Jakarta itu kan emang ngangenin!!! So many things yg ngangenin dari jakarta... Bikin segala panas, macet, debu rasanya jadi gak apa apa... :)

Sari said...

Ternyata kamu ke Jakarta tho? Pantes ngilang weekend kemaren hehehe *soktaubanget* eh, tapi emang kamu ga nengok blog kan? buktinya komenku baru di approve hari senin.
Lain kali ajak aku dunk, kita jalan2 ke kota tua yok :P

Elsa said...

ke tanah abang yaa
wah tau gitu aku nitip tuh.
hiihihihi

tuyi said...

sama disini juga panas..

boodee said...

kampungnya dimana sih, en?
tasik? ciajur? apa garut?

nie said...

emang..di jkt banyak yang bening2 dan cakep2..sungguh menyegarkan mata..
slurrrp
:D

Enno said...

@violet: lam kenal juga... kamu tau aja hehe

@arman: toko bukunya dan kakilima jajanannya yg bikin kangen, man! hahaha

@sari: kota tua mah udah bosen hehe :D

@elsa: wah mendingan blanja bareng aja kita!

@tuyi: emang kamu dimana?

@boodee: diantara itu deh :P

@nie: hihihi ketauan ya kamu suka ke jakarta krn itu!

BrenciA KerenS said...

@ boodee : kesasar cep??

ke tanah abang sampe blok m.. panaassnyaa.. kirain mo kulakan mbak...

Tisti Rabbani said...

ooo...kamu tinggal di Bandung, kirain selama ini di Jkarta...*betapa sok taunya diriku*...

yup, memang jajanan pinggir jalan kaki lima ngangenin...ada rujak juhi, gado2 yg enak bngt..(hiks..pengin)
ada ketropak...

tp, kaan..di bandung jg enak2 No...

isti said...

ampuun deh ke tanah abang musim belanja gini...btw..salam kenal ya..

Kabasaran Soultan said...

Emang Jakarta jauh ya ?.

Ternyata ke Jakarta to..
Mantap deh

Azhar said...

Jakarta itu enak lho...

Ibukota negara Indonesia....kamu harus bangga hahahahahahahaha

ga bilang2 ke jakarta padahal dah siap disopirin pake metromini :P

Enno said...

@brencia: hehehe.... iya ya, pdhl skalian blanja buat kulakan :P

@tisti: tapi udah biasa di jakarta tuh... dan lebih banyak pilihan... haha

@isti: justru itu moment yang spesialnya, salam kenal juga :)

@kabasaran soultan: jakarta cuma 4 jam dari sini kok om :P

@azhar: haha tapi kan ga bisa disuruh ngebut kayak sopir batak :P

Tha..^^ said...

waaaa ke jakarta... oleh-olehnya Tha di kirim pake tiki aja mbak, gak usah repot..*ngareeeeeeeep*

Bintang said...

saya juga kangen Jakarta

*Sms pacar, see u next week sayang*

hahhahahaha

Enno said...

@tha: harus diambil sendiri ah! :P

@bintang: cieee.... hahaha

owly said...

hihihihihi jakarta memang menyebalkan tapi ngangenin :)

kamu di Bandung ya, No?

Anonymous said...

kikikikikik....enno...bisaa aja,.....kapan nongol lagi di fb?....from petruzarie

Enno said...

jaaah! si apet nongol disinih!
hehehe

lagi males maen fesbuk. udah bosen tau!

:P

gloriaputri said...

huakakakkakaa....alasan yang sama saya gunakan kalo lg cucimata liat cowo2 ganteng....hahhahahaa....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...