Friday, June 8, 2007

Jangan Lihat Cermin Dulu

”Sebagian dari diriku mempesona, seakan-akan aku tidak bisa berbuat salah. Bagian lain, yang sangat ingin mencintai dan mempercayai, selalu rapuh, selalu memilih jalan yang salah... atau pria yang salah.”

(definisi diri gue)

Jangan ngaca dulu deh! Akhir-akhir ini muka gue serem banget. Ini periode ’muka serem’ yang kedua kalinya sejak gue kerja di kantor ini.
Kalo gue lagi stress, pasti begini. Tanpa senyum. Tanpa ketawa. Tanpa canda. Tanpa keramahan dan kehangatan. Muka gue full merengut.
Gue tau, ini salah. Harusnya gue gak boleh pasang muka jutek sama orang-orang yang gak tau apa-apa. Tapi saat ini gue bener-bener nyaris lost control. Kesenggol dikit aja gue udah meledak. Ternyata dalam hal kedewasaan emosi gue masih harus belajar ya...

Saat ini gue bener-bener lelah. Fisik dan emosi. Lelah karena lokasi rumah dan kantor yang harus mengarungi tiga kali lipat kemacetan. Lelah karena memikirkan kehidupan pribadi yang selalu terpuruk.
Bukannya mau mengeluh. Gue bukan pengeluh. Tapi ini cuma penjabaran kenapa gue jadi begini sekarang.

Gue udah gak betah di kantor ini. Bener-bener gak betah! Tapi terpaksa harus ada di sini sementara ada urusan kantor yang belum beres, yang ada di bawah tanggung jawab gue secara moral.
Rasanya pengen nangis... pengen menjerit-jerit.... pengen ngamuk-ngamuk. Ih gue gawat banget ya?!

Udah gitu kantor merekrut 3 orang baru... yang basic-nya bukan jurnalis. Akhirnya setiap mereka mau liputan atau bikin berita, nanyaaaaa mulu. Nanyanya sama gue pula! Mana gue lagi bad mood ginih! Apa gak bikin gue bertanduk?!
Letak kantor Komnas HAM-lah, kontaknya Humas LIPI-lah, sampe hal-hal teknis seperti cara meliput apa harus pake surat atau nerobos aja... Ya ampuuun... itu kan hal-hal standar yang kayaknya kalo emang wartawan beneran dah gak perlu nanya lagi.
Letak kantor Komnas HAM? Halah! Nenek-nenek juga tau di Latuharhari! Humas LIPI? Ya ampun, dateng aja kali ke sana, daripada kudu ngerepotin gue telpon ke sana dan tanya-tanya siapa orang LIPI yang bisa diwawancara untuk topik tertentu.
Dan soal cara mewawancarai orang, gue juga dulu gak banyak nanya-nanya senior. Secara gue ini bukan lulusan sekolah jurnalistik atau publisistik. Langsung terjun ke lapangan pas jamannya banyak demo. Gak mati ketembak atau keinjek demonstran yang dikejar-kejar aparat juga udah untung.
Ini, hari gini masih nanya pula prosedur wawancara. Sementara mereka udah pada tua! Pake logika dong....
Pada akhirnya gue jadi sebel lagi sama bos gue. Kenapa sih dia gak ambil yang basic-nya jurnalis. Udah siap pakai. Gak perlu dikasih tau harus gimana, harus kemana.......
Iya sih intelektualitasnya tinggi. Yang satu dosen filsafat, yang satu suka nulis di Kompas, yang satu bergelar S2. Tapiii.... kalo udah disuruh ke lapangan tetep aja kayak orang bego. Ya mendingan yang akademiknya biasa aja tapi pengalaman jurnalistiknya segudang.
Hari ini aja, yang satu belum apa-apa udah ijin sakit. Yaelah! Baru juga kerja 4 hari! Ayam sayur!

Semua masalah yang ada bener-bener bikin gue capek.
Hari ini badan gue lemes banget. Gemeteran kayak orang demam. Tapi badan gue gak panas. Kepala gue gak pusing. Cuma ngantuk banget. Pengen tidur yang pulas.....

Besok gak bisa istirahat lagi, gara-gara undangan si Ery kawin. Udah gitu diledekin sama seseorang, katanya seperti lagu Tenda Biru.
What a fuck! Emangnya kenapa kalo si Ery kawin? Gue diundang baik-baik kok. Dan masa lalu juga udah ditinggal di belakang. Emangnya gak boleh gitu masih bertemen?! Trus urusan apa dia komentarin gue! @#$%^^&*&^%$######
Untung aja yang ngomong jablai! Jadi gue gak terlalu pusing deh! Yang penting gue gak pernah jual diri dan tubuh gue demi uang seratus dua ratus ribu kayak dia! Kalo perlu, pantat bosnya pun dijilatnya demi pulsa gratisan! Huh! Dasar rese!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...