Wednesday, June 1, 2011

Menulis Itu Gampang #2

Buat kamu, maaf ya. Saya tidak bermaksud membesar-besarkan masalah. Saya senang dianggap memberi inspirasi untuk blogging dan menulis. Saya bersyukur karena apa yang saya lakukan sebagai hobi ternyata memberi masukan buat orang lain.

Tapi saya sedih kalau inspirasi itu diambil dengan cara yang salah. Berkali-kali saya bilang, menulis itu mudah. Jadi kenapa harus copy-paste tulisan orang lain, dan lalu mengubahnya sedikit di sana-sini dan diklaim sebagai milik sendiri?

Kamu menjiplak kalau kamu tidak memberi keterangan sumber dan referensi. Dan yang lebih menyedihkan lagi, kamu menghancurkan dirimu sendiri. Menghancurkan kesempatanmu untuk maju, menghancurkan kepercayaan orang lain padamu.

Kamu menyalin tulisan saya yang berjudul "Today is Birthday." Lalu mengubah dan menambahnya di sana-sini. Teman saya Maya menganggap kita hanya punya kesamaan ide. Menurut saya tidak. Plot dan alurnya sama, beberapa kalimat juga sama dan hanya diubahsuaikan dengan kondisi kamu sendiri. Yang lebih menyolok tentu saja judul yang memang sama.

Di post itu saya mengawali cerita terbangun karena merasa mendengar suara mendiang ibu saya memanggil. Kamu juga sama.

Saya melihat ponsel, dan menemukan SMS dari teman-teman. Kamu juga.

Kemudian saya menulis:

Ulangtahun tahun ini tanpa Ibu, tapi saya bersyukur mendapat begitu banyak perhatian. Ucapan selamat di fesbuk, di ponsel dan email. Beberapa teman dan sepupu menelepon, beberapa kado sampai di rumah meski tidak saya harapkan. Dan yang lebih berarti adalah doa dari mereka.

Kamu juga menulis:

Hari ini, banyak sekali kejutan yang mereka berikan, Ulang tahun ini tanpa mama, tapi saya bersyukur mendapat begitu banyak perhatian. Ucapan selamat di facebook, di ponsel dan email. Beberapa teman dan saudara menelepon, beberapa kado sampai di rumah. Dan yang lebih berarti adalah doa dari mereka.

Yang saya garis bawahi adalah yang kamu tambah dan ganti.

Lalu saya menulis ini:

Hari ini, saya tidak hanya memanjatkan doa syukur karena telah dipanjangkan umur dan diberi nikmat yang begitu besar oleh Tuhan. Saya juga berdoa bagi keselamatan kita semua. Berdoa untuk orang-orang yang saat ini sedang ditimpa bencana dan kesulitan. Saya percaya Tuhan selalu mendengar doa orang yang berulang tahun.

Dan kamu menulis ini:

Saya tidak hanya mengucap syukur karena telah dipanjangkan umur dan diberi berkat yang begitu besar oleh Tuhan. Tetapi saya juga mengucap syukur untuk sahabat-sahabat yang begitu mengerti saya. Marah, jengkel, tangis, tawa, kebahagiaan, kebersamaan, dan kesederhanaan itulah yang mereka berikan kepada saya.

Saya tidak mengenal kamu. Tapi saya merasa peduli. Sungguh, saya tidak marah. Saya cuma kecewa karena kamu menghapus komentar saya di bawah tulisanmu yang kamu jiplak dari tulisan saya. Padahal, saya sama sekali tidak menulis kata-kata yang kasar dan memojokkanmu, kan? Saya hanya bilang bahwa tulisanmu bagus, jadi sebenarnya kamu tidak perlu mengambil tulisan orang lain. Supaya kamu tidak menghancurkan potensimu dan lebih baik menjadi diri sendiri.

Padahal, kalau kamu tidak merasa salah, kamu punya hak jawab.

Maaf, kalau saya terpaksa menegur kamu secara terbuka. Demi menyelamatkan tulisan-tulisan saya dan tulisan-tulisan teman-teman yang lain dari kasus serupa, dan agar kamu belajar menulis dengan lebih jujur.

Saya harap teguran ini tidak mematahkan semangatmu untuk tetap menulis. Just keep writing and be yourself as I said in my comment that you delete.

Ini screenshoot post saya dan kamu:


Posting saya


posting kamu


PS: Klik gambar untuk tampilan lebih besar...


Image and video hosting by TinyPic

31 comments:

Shin-kun said...

Hehehe, udah baca, dan memang mirip, hmmmm, 'INSPIRASI', hey hey hey, itu kan kata2 Shin-kun di chattingan kita barusan kan?... hihihi...

Btw, kasih inspirasi ke Shin-kun dunk untuk ngilangin males nulis... :p...

gloriaputri said...

mak jlebb.....aq komen lagiii ah di blog nya diaaa :p trus ngasih link tulisan km yg ini mbaaa....hehhehehe...kira2 bakal di copas jg gag ya tulisan begini?
hahahahhaa....
gemes aq...jadi orang koq gag PD dengan diri sendiri....ckckckckckkk

maya said...

postingan ini udah km krm ke email dia no? biar dia baca jg.
semoga ada sikap gentle darinya utk meluruskan keadaan ini.

ndk said...

selama ini saya menjadi silent reader blog kamu Enno, salam kenal ya..

hal sepele yang saya baca dari blog seseorang yg menjadi objek tulisan ini, bahkan dia tidak konsisten menyebut kata ganti orang pertama, 'saya' dan 'gw'.

posting ini saya rasa akan menjadi pembelajaran berharga dan telak.

btw, thanks ya sudah membuat tulisan-tulisan yang sangat menghibur. cheers..

Hans Brownsound ツ said...

aku juga bingung enn, kenapa orang lebih suka copas tulisan orang lain daripada menulis dengan gayanya sendiri. padahal kalo nulis dengan gaya sendiri kan lebih bebas ya enn ya :|

waduh, aku jadi bingung mau komen apa. soalnya dua orang yang bertikai adalah temen blogku :(

Enno said...

@shin-kun: ngasih inspirasi udah bejibun, ngasih jitakan udah sering, ngegubrak2 apa lagi... capek deeeh! hahahaha

@glo: kamu itu kok rajin bener ya glo... hahaha

@maya: yg kutulis terang2an di komen aja dia hapus, apalagi email yg tdk terlihat... ga bakal dia tanggepin. biar ajalah, kurasa dgn begini pun dia udah dpt pelajaran dan mudah2an ga mengulanginya :)

@ndk: haloo... itu jg slh satu clue bhw dia awalnya memang copas tulisan saya,lalu diubah.. iya, saya jg berhrp ini jd pembelajaran.. salam kenal ya, thx udah srg mampir :)

@hans: teman yang baik adalah teman yg berani mengingatkan kalau dia melakukan kesalahan lho... hehe.. begitulah hidup, hans... lagu aja bs dijiplak, apalagi cm tulisan... di blog pula :P

gloriaputri said...

wkwkwkkw...tenang kak may...tanpa disuruh pun postingan ini uda aq tulis di kotak komen dia itu si "kucing kopi" hahahhahaha
mba enno, rajin donggg...sapa dl yg ngajarinnnn (klo dimarahin bos, aq nunjuk blog ini ahhhh)ahhahahahhaa...
tuh kan Hans...bener kan aq bilang :p hehehhehe...temenmu ada yg bertikai..mba enno kan liat blog itu jg dr blog kamu hans :p hehehehhe

Enno said...

ya ampuun... bawel bgt ya ni anak! muncul mulu di sini!

hush! kerja lagi sana! tar gajimu dipotong tuh!

gloriaputri said...

hahahaha...tyap kali komen kan aq klik kirim tindak lanjut ke email ;P jadi kalau ada yg komen2 aq bisa baca :P
hahahhahaha
ngga bakal potong gaji...klo aq bolos nha tu baru potong gaji :P

hhahhahahahahhahaha.....
iya bawel...makanya gag bs romantis kayak km n spring kan mbaaa :p ahhahahahhahahhaa......

Wuri SweetY said...

Walah2 kena kasus serupa lagi mbak???
Pembelajaran buat kita semua, membuat saya yang pemula lebih ati2 lagi. Aku kadang2 juga takut kalo2 tulisanku sama/mirip kayak punya orang.
Tumben tuch kangmas Ari Nongol, Halah dia tuch ga bakal mempan dikasih inspirasi, udah sibuk dengan maenan baru sich.

Enno said...

@glo: weks :P

@wuri: haha ari sibuk sm mainan baru yg di rumah ya...

Hans Brownsound ツ said...

tapi tetep yang namanya ciplakan gak bakal lebih bagus dari aslinya enn, tenang aja.

Enno said...

yup... tapi bkn soal lbh bagus atau enggak... yg ptg kan bljr jujur dan pny etika ya ga?

ayo nulis lagi hans! :P

Zippy said...

Wah..iya yah, emang mirip :D
Pas saya coba cek kesana, banyak juga yang temen2 si mbak yang udah komen, hihihh...
Aih..jadi malu sendiri kan dianya? :))

Arman said...

paling kesel emang kalo nemu orang yang model begini. baik yang copas telak telak maupun yang sok sok diganti dikit tapi tetep aja gak nulis sumber nya. nyebelin abis!

Arman said...

btw gua barusan kesana tulisannya blog nya udah diremoved tuh...

Enno said...

@zippy: saya cuma pengen dia belajar etika... meskipun cm dunia maya, kan etika jg ada... apalagi komentar sy dibawah postnya malah dihapus... pdhl saya ngasih tau baik2 lho..

@arman: nah itu dia... kadang nyebelin. org2 yg diingetin baik2, malah langsung kabur. tinggal minta maaf dan ngapus ato ngubah post ybs aja pdhl kan?

Molly Journey said...

astaga , parah sumpah mpok enno, saya sdh membaca log hasil jiplakan dia ternyata memang beber2 copy paste ..

De said...

Salut.
Soal yang kayak gini, mbak Enno memang tegas ya.
Aku dulunya juga pernah "dimarahi" sama mbak Enno, gara2 ngambil Picnya tanpa ijin, tp kalo nggak salah aku dah minta maaf ya? *udh apa blm ya* hehe... :p
Tapi aku nggak mau berhenti menulis hanya karena itu. Kalo dari awal niat mo nulis *bukan jiplak*, kenapa harus takut dikritik... :)
LANJUTKAN, mbak! Biar nggak ada lagi pembajakan dimuka bumi ini. hahahaha....

kristiyana shinta said...

babaahhahha,,, iya iya,, blognya sudah lenyap tuh mba,, hehhehhe

buat pelajaran aja,, jadi dia sadar kalo nulis sendiri tuh lebih enak dari pada copas,,

*big hug

Enno said...

@molly: ga parah2 amat kok... cuma emang awalnya copas dulu :)

@De: maaf ya wit klo teguranku wkt itu agak keras, aku ga brmksd marah, sumpah... bhs tulisanku kdg emang tll lugas. tp seneng bgt kamu ga patah arang dan trus nulis... yg spt kamu hrsnya jd contoh buat yg lain. Ini nih org yg memang beneran pengen maju. btw kmu dah minta maaf kok, meskipun mestinya minta maafnya sm yg pny gbr hehe...keep writing ya wit :)

@shinta: nah lho dia jd kabur.. haha kurasa klo dia emang suka menulis, pasti akan bikin blog baru. dan semoga ga ngulangin kesalahan yg sama :)

penjual kenangan said...

iya, ya, sekarang banyak banget yang asal copy paste tanpa mikir sama sekali kalau itu namanya "nyontek/jiplak".

aku juga nemuin tulisanku di blog orang ni, mbak. :(
*langsung nimbrung & ngadu* hehe. :p

http://octarelianna.wordpress.com/2011/05/30/penjual-kenangan/

peri musim said...

gara-gara postingan Mba enno ini, iseng lah aku mensearching2, omg ternyata di luaran sana banyak sekali orang yang gak bisa menghargai karya orang lain. hiks, jadi sedih.

salah satunya ini, tapi masih banyak lagi.

http://anaaynuun.blogspot.com/2010/05/puisi-tanpa-judul-d.html
semuanya sajak2ku tanpa nama dan tanpa sumber :(

peri musim said...

aaah, nemu semakin banyak. kenapa sih sama orang2, kok gak pede sama tulisan sendiri huhuhu.

ada yg nggak mau ngaku lagi :(

http://jozhienatalyafardyan.blogspot.com/2010/03/rasanya.html?showComment=1307080833203#c3789325977050708241

http://inamisssunshine.blogspot.com/2011/05/katamu.html?showComment=1307080114456#c346010406667967482

http://robbysatria.wordpress.com/2011/01/14/

http://plinplannyagembul.blogspot.com/2011/02/puisi-kakaku-cantik-sekar-ayu-novitri.html

gloriaputri said...

mba enno.....kmrn komenmu yg didelete....skrng blog nya dy sendiri dy delete....malu kali dy....ckcckckckkc....padahal kan minta maaf aja bisa ya? kalo kata gusdur "gitu aja koq repot"

Enno said...

@iwied & gita: ih? banyak bener itu yg jiplak tulisan gita...! busyeeet! terlalu keren sih hehe..

iya parah ya? kenapa ga dipublish aja blognya kyk kasusku ini? bkn bls dendam, tapi spy mrk & yg lain bljr utk jujur wied, git.... :)

@glo: iya, wong tinggal minta maaf doang ya.... pasti dimaapin asal ga diulangi :)

miwwa said...

Blog nya sudah dihapus..

Enno said...

@miwwa: iya, pdhl cuma tinggal minta maaf dan ngapus posting itu aja sebenernya....

:(

ToM kuU said...

oh ini toh ternyata... hehehe... yang sabar yah kawan... ^^ nanti juga malu sendiri ^^

gloriaputri said...

aq iseng pas liat tweet nya, ternyata ni org bikin blog lagi :)

check this link :D
http://ruthsona.tumblr.com/

setidaknya dy kapok, di blog barunya dy pasang source foto2 yg dia pake

Bayu Indra Dinata said...

@gloriaputri: Kk. Blog barunya itu dihapus lagi. Waktu ku buka udh gk ada.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...