Wednesday, April 27, 2011

Tattoo

Kalau saya lewat, ia biasanya sedang mencuci motor di depan rumahnya. Ia akan menoleh pada saya sebentar, mengurai senyum yang saya balas dengan senyum juga. Di desa ini, sesama tetangga sudah biasa saling bertukar sapa, bertukar senyum, atau sekedar anggukan kepala. Saya si orang kota yang biasa hidup di lingkungan yang acuh tak acuh akhirnya terbiasa juga.

Tapi setahun tinggal di desa ini saya baru melihatnya belakangan ini. Orang baru. Sepertinya demikianlah ia. Rumahnya masih di jalan yang sama dengan rumah saya, selalu saya lewati kalau hendak belanja ke warung pagi-pagi. Kadang-kadang ia mencuci motor sendirian, kadang-kadang ada beberapa cowok lain bersamanya, mencuci motor juga atau hendak berangkat entah kemana. Cowok-cowok itu akan menoleh berbarengan pada saya, menganggukkan kepala, kadang-kadang ada yang berani menyapa "Mau ke warung, Teh?" Yang pasti saya jawab demi kesopanan.

Padahal di Jakarta, sekumpulan cowok sok akrab begitu pasti sudah dicap genit kan?

Hari itu saya melihatnya lagi, sedang mencuci motornya. Bertelanjang dada. Hanya punggungnya yang menghadap saya. Lalu terpampanglah tattoo itu. Motif tribal yang keren di punggung sebelah atas. Wow! Saya nyaris terpana.

Tiba-tiba ia menoleh. Ah, sudahkah saya katakan bahwa cowok ini wajahnya lumayan ganteng? Tubuhnya agak kurus tapi atletis, dan tattoo itu menambah nilai plus dirinya di mata saya, karena orang yang memilih gambar tattoo sekeren itu pasti berjiwa artistik.

"Belanja, Teh?" Ia menyapa.
"Iya," sahut saya. Dasar saya si ceplas-ceplos, saya meneruskan. "Tatonya keren deh."
Ia agak terkejut. Mungkin tidak mengira akan dikomentari begitu. "Oh, yang di punggung? Iya ini dibikin udah lama, Teh. Di Jakarta."
Pantas, pikir saya. Di Jakarta banyak studio tattoo yang ahli membuat motif-motif bagus.
"Motifnya Celtic ya?"
"Kok tau?" Ia menatap saya heran.
"Motifnya rumit seperti anyaman, tarikan garisnya tumpang tindih tapi rapi." Saya nyengir.
Ia makin terpana. "Teteh punya tattoo juga?"
Saya tertawa. "Nggak laaah. Kalo ditato juga paling yang temporer sebulan ilang. Tapi temen-temen cowok banyak yang punya tattoo permanen dan suka cerita-cerita."
"Ooooh...."
Lalu tiba-tiba terlihat satu tato lagi di salah satu lengan atasnya. Bergambar sebuah mata.
"Itu di tangannya ada lagi ya?"
"Ini?" Ia menunjukkannya. Saya memperhatikannya.
"Eye of Rah ya? Mata Rah, bukan mata Horus."
"Hah?" Ia menatap saya.
"Itu." Saya menunjuk tatonya. "Untung bukan mata kiri Horus. Itu mata kanan."
Ia tertawa. "Iya Teh, kalo mata kiri nanti saya dikira pemuja setan."

Oh, ia tahu juga perbedaannya. Eye of Horus atau mata Horus adalah gambar mata kiri, artinya dewa perang dan kalau digabung dengan gambar jangka artinya perlindungan setan. Sedangkan mata kanan artinya penciptaan kehidupan baru. Disebut juga Eye of Rah. Saya tahu soal ini karena sebenarnya saya suka tattoo, tapi hanya berani memasang yang temporer :)

Sejak itu saya jadi berteman dengan si tetangga bertattoo. Namanya Galih, pindahan dari Bandung.

Suatu hari beberapa orang di kampung mengkritik tattoo-nya. Mereka menganggap Galih anak berandalan hanya karena punya tattoo di tubuhnya. Picik benar. Tattoo kan bukan lagi monopoli kaum kriminal. Tattoo sekarang sudah menjadi seni artistik. Lagipula tattoo adalah bagian dari kebudayaan tradisional beberapa suku di Indonesia.

Jadi saya angkat bicara. Bukan semata-mata membela Galih. Tapi juga untuk membela diri saya kelak kalau suatu saat mereka melihat saya punya tattoo (temporer, tapi mereka pasti mengira itu permanen).

"Punya tato bukan berarti berandalan, Kang," kata saya waktu beberapa dari mereka berkumpul di pos ronda depan rumah saya. "Tato itu sekarang sudah menjadi seni."
"Ah, seni apa? Seni merusak badan?" Celetuk salah satu dari mereka.
"Orang Dayak dan orang Irian punya kebudayaan pasang tato dalam upacara adat mereka. Kalau Akang ketemu orang bertato di Kalimantan mau langsung dituduh berandalan? Kriminal?"
"Ya itu mah beda lagi atuh Neng."
"Ya sama aja, Kang. Yang bukan orang Dayak atau Irian juga kalo suka sama gambar tato, berhak pake tato."
"Sholatnya kan jadi nggak sah, Neng."
"Yang sholat kan bukan kita. Yang berhak menilai itu Allah, bukan kita. Yang nggak pasang tato juga belum tentu sholatnya diterima Allah."
Mereka semua menatap saya dengan tatapan 'cewek-ini-ternyata-tukang-ngotot.'

"Kang, saya dianggap cewek berandalan nggak sama orang-orang kampung sini?"
"Ya enggak atuh, Neng."
"Nah, saya nggak berandalan, tapi saya punya tato tuh." Saya membual.
Mereka tercengang.
"Iya, saya punya tato. Tapi maaf nggak bisa saya liatin. Masangnya di pantat." Saya langsung pergi meninggalkan mereka ternganga.

Rasain kalian! Saya menahan tawa.

Tattoo yang keren banget kan? ^^


Image and video hosting by TinyPic

17 comments:

Apisindica said...

no pics is hoax! :)

amalia khoirun nisa said...
This comment has been removed by the author.
amalia khoirun nisa said...

enakan tatto yg sementara mbak, jadi kalo bosen bisa ganti. hahaha.

bener sih, soal yg solat itu, yg ga tatto-an jg blm tentu diterima, tapi bukannya gak pake tatto meminimalisasi gak diterimanya solat kita ya mbak? *bingung*

tapi saya jg setuju kok, yg pake tatto belum tentu kriminal :D

Isti said...

hahha..#ngikik. pasti mereka ngebayangi, enak bener yg buat tatoo nya yak? wkwkw...

Adhi Glory said...

tatto... ah, baca komen yang lain aja deh! :D

gloriaputri said...

wkkkkwkwkwkkwk....dl aq pernah pengen tato jg mba...tp di kaki di pergelangan kaki..hehehhe...mama uda setuju, tp papa ngga...hahhaha...gag jadi deh :))
btw, aq cm suka tato2 aja tanpa tau jenis2 yg kayak km obrolin sama si Galih :)
betul bgt, punya tato bukan berarti berandal :) sayangnya papa masi berpikiran "kuno" spt itu sih :(

Betawi Banget said...

Hahahhaa... baca akhirnye, jadi pengen liat tatoonye yang ada di pantatt.. xixixii... ^__^
jangan lupa mampir ye mbak ke blog aye www.unegunegsibelo.blogspot.com
afwan...jadi promosiii, aye baru di dunie perBlogger-an... hehehee
salam damai dari orang betawi ^_^

empe said...

tetep masih belum bisa menerima tatto, apalagi khususnya kaum wanita :(

Enno said...

@apis: foto apa neh? tato gue di pantat? yg bener aja :)) ogah gue disuruh foto si galih, tar dia makin ge-er..secara skrg aja klo ngomong udah nyrempet2 ke perasaan gitu... :P

@lia: pake tato emang ga boleh buat muslim sih... sholatnya emang jd ga sah, tapi kan kita ga bs ngelarang org pake tato. urusan dia dengan Tuhannya biar dia aja yg mikirin sendiri... toh udah ngerti hukumnya :)

@isti: yeee aku kan cm ngibul! tp bener jg sih mrk pasti kepikiran gmn prasaan org yg menato pantatku hahaha...

@adhi: he spikles? :P

@glo: biasanya aku pake tato temporer di kaki atau pergelangan tangan, atau di pundak atas... cuma sebulan ilang deh hahaha...

@betawi: wah ane kan cuma ngibulin mrk bang... ho oh dah entar ane sambangin blognye :)

@empe: hihihi... temporer mah gpp waaan... itu kan ga masuk ke bawah kulit :p

Betawi Banget said...

Jaahh...aye di panggil abang... aye masiih cewek mpok,, ^___^
cewek tulen malah....hehehe

Fenty Fahminnansih said...

saya setuju tattoan belum tentu orang yang memiliki sejarah kriminal, tapi tetep aja, saya ndak mau ditatto dengan alasan yang agamis banget lah xD

-Gek- said...

sukaaaaaaaaaaa banget topik ini!!!!
Iya, gambar tatto itu bagus bgt mbak, pasti tatonya di Jepang. (Dilihat dari pewarnaannya)

Di Bali, banyak bgt org cowok tatoan, saya pengen, bgt.

One day... I will. :)


*kalo ke Jepang.... ;)

Arman said...

huahahaha..
itulah manusia ya. suka judgemental berdasarkan apa yang diliat. padahal yang diliat belum tentu bener.

gua pribadi sih gak pernah suka ama tatto. hehe.

maya said...

orang2 begitu -orang picik- emang banyak kalo di desa, di kampung ku juga tuh =))
mungkin berkaitan dengan pergaulan dan apa aja yg mereka baca + tonton.

and I love tatoo as well ;)

nita said...

Wah mba tatonya kereen euy. dan kamu berani banget diantara bapak2 yang lagi kumpul dipos roda gitu.. saluuut.

Wuri SweetY said...

aku pernah kepikiran bikin yg temporer kayak dirimu mbak...tapi takut ketauan, bodyguard-ku dirumah banyak bgt, serem2 pula. Keren aja liat orang tatto-an menambah nilai plus...

Enno said...

@betawi: haha iye maap ye... pas udah maen ke blognye, baru nyadar klo situ cewek :))

@fenty: alasan yg sama kenapa saya ga pny tato permanen, pdhl kepengen hahaha...

@gek: iya bener gek, ini tato jepang :) kamu mau bertato? wah emak2 gaul :)

@arman: knp ga suka? jgn2 takut jarum lagi hehehe

@maya: nah kamu punya kah? :P

@nita: ah itu bkn bapak2 kok, itu anak2 muda... haha

@wury: haha segitu seremnya kah? aku suka tato krn nilai artistiknya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...