Monday, March 28, 2011

Blabbering: Hanbok vs Baju Bodo

Tahu nggak, waktu saya masih anak SD dan sekolah selalu bikin acara memakai baju adat di Hari Kartini, saya selalu minta Ibu meminjamkan baju bodo di sanggar pengantin tetangga kami. Baju bodo, bukan kebaya kartini, padahal saya bukan orang Makassar atau Bugis.

Saya suka baju bodo. Longgar, menggelembung, berwarna-warni, aksesoris yang keren dan nyaman dipakai. Bahkan waktu kecil pun saya sudah mengerti fashion, ya. Hahaha...

Saya masih ingat baju bodo terakhir yang saya pakai. Waktu itu saya kelas lima SD, masih tinggal di Bandung. Baju bodo itu berwarna jingga dengan lipa' sabbe (sarung) sutra kotak-kotak hijau. Saya tidak memakai hiasan kepala, tapi kalung saya panjang, berwarna emas dan Ibu menyisipkan bros dari manik-manik berwarna biru terang yang sangat cantik. Setiap Hari Kartini saya berubah dari anak perempuan tomboy bercelana pendek dan tshirt Mickey Mouse menjadi anak perempuan berbaju bodo.

Belakangan seorang kolega yang berasal dari Bugis mengatakan pada saya, bahwa ada peraturan adat dalam memakai baju bodo. Masing-masing warna manunjukkan tingkat usia perempuan yang mengenakannya.
  • Warna jingga, dipakai oleh perempuan umur 10 tahun.
  • Warna jingga dan merah darah digunakan oleh perempuan umur 10-14 tahun.
  • Warna merah darah untuk 17-25 tahun.
  • Warna putih digunakan oleh para inang dan dukun.
  • Warna hijau diperuntukkan bagi puteri bangsawan
  • Warna ungu dipakai oleh para janda.
Setelah dewasa kesukaan saya pada baju bodo nyaris terlupakan. Saya malah mengoleksi kebaya untuk menghadiri undangan pesta formal.
"Kebaya? Males ah!" Seorang sepupu saya bilang, memakai kebaya itu repot. Ia lebih suka memakai gaun. Suatu hari, ia memaksa saya memakai salah satu koleksi gaunnya saat menemaninya ke sebuah undangan pesta. Saya risih setengah mati. Saya nyaris tidak bisa bergerak karena canggung dan malu. Gaun itu little black dress yang memperlihatkan belahan dada saya kemana-mana! Tolooong! Saya mau pulang! Hahaha...

Belakangan, gara-gara menonton lagi drama-drama Korea, khususnya yang menceritakan kehidupan masa Dinasti Joseon, saya teringat lagi baju adat favorit saya itu karena ternyata baju bodo mirip dengan hanbok, pakaian tradisional Korea. Setidaknya, sama-sama longgar dan berwarna-warni.

Aw! Hanbok memang keren banget! Saya suka warna-warnanya dan hiasan rambutnya! Apalagi hiasan kepalanya! Tusuk konde dan sejenis mahkota kecil di atas kepala itu! Dan Hanbok ternyata juga punya beberapa aturan.

Pemakaian bahan dan warna hanbok tidak sembarangan. Kaum bangsawan jaman dahulu biasanya memakai hanbok berbahan dasar serat rami dan berwarna indah. Sedangkan rakyat biasa hanya memakai bahan yang murah karena tak mampu membeli yang berbahan mahal. Warna yang digunakan pun warna pastel, seperti putih, kuning pucat dan biasanya berwarna sama antara atasan dengan bawahan.

Sejak masa Dinasti Joseon pada abad ke-15, para gadis memakai chima (rok) merah dan jeogori (atasan) kuning. Pada waktu pesta perkawinan yang dilanjutkan dengan acara menghormat orangtua dan mertua, perempuan dari kelas bangsawan memakai warna merah dan hijau itu. Warna-warna pada pakaian tradisional Korea yang semarak ini maksudnya untuk menghalangi roh jahat.

Bentuk hanbok yang sekarang dipakai, berdasarkan pola sejak masa Dinasti Joseon yang berdasarkan Konfusianisme. Namun, dasarnya sudah ada sejak masa Tiga Kerajaan (57 SM-668 M). Di Kerajaan Silla tahun 648, pakaian semacam itu telah dipakai oleh perempuan bangsawan, juga pada masa Dinasti Goryeo (nama yang kemudian menjadi Korea) setelah itu.

Saya ini sebenarnya lagi ngoceh apa sih? Kenapa jadi ngomongin baju?
Eh, hari ini saya mau cari kain untuk membuat baju bodo ah! Hahaha....



Hanbok ini keren banget!



Hanbok Korea




Baju Bodo dari Sulawesi Selatan




Image and video hosting by TinyPic

19 comments:

Henny said...

menurut pendapatku hanbok emang lebih enak dipakai daripada kebaya dan kimono. mungkin karena bagian bawahnya lebar, jadi gampang bergerak.

dari dulu kalo aku ikutan lomba busana daerah, selalu dipakein pakaian adat bali, lengkap sama mahkotanya,ga tau kenapa >.<

amalia khoirun nisa said...

aku gak pernah ikutan kartinian masa mbak enno?
kemana aja yah saya?
soalnya kalo ikutan itu, saya teh paling cuma pake kebaya biasa dan rok batik.
abis mama ga ngerti fashion, saya rambutnya pendek kayak anak laki-laki dan sukanya pake celana pendek dan kaos

jadi agak aneh aja mungkin pake kebaya dan tampil cantik sana sini.

haha, ga punya memori apapun mbak ttg kartini
hiks :(

gloriaputri said...

mmmm......enno mukanya galak yaaa?????hekekekekek......dl q sering ngiri sama adek cewe ku yg slalu dipakein baju bodo tyap kartinian sedangkan aq slalu pake kebaya bangsawan yg item kaya punyanya ibu kartini...protes sama ibu, lalu katanya "adekmu itu mukanya galak banget, kasian klo pake baju jawa tar tmn2 sekelasnya nangis semua, baju bodo menyamarkan wajah galaknya" hakakkakakakkakaka

maya said...

wah, di sekolahku tdk ada tradisi begitu no :D kalo ada, aku pasti pake pakaian adat batak :))
tapi, aku suka kebaya drpd gaun. kesannya lebih seksi dan indonesia. oke, mgk mksdku eksotis. tp, drpd hanbok, aku lbh suka kimono ;))

chiekebvo said...

baju bodo??dohh..waktu kecil saya sering make itu mbak, secara saya bugis makassar tulen fufufuu..
hayuuk mbak, kapan2 kita make baju bodo ama hanbok bareng..aq belom pernah make hanbok eee.. :D

Hans Brownsound ツ said...

aku udah dua tahun tinggal di makassar, tapi baru ngeh loh soal warna itu enn.
sering liat sih orang-orang pake baju bodo. tapi aku bingungnya kok bajunya sampe gede banget gitu ya? hehehe. mungkin karena sulsel panas kali ya, pake yang ketat2 suka bikin gatel. hehehe

Arman said...

lu sama kayak kakak gua yang cewek. dulu pas sd juga dia pakenya baju bodo. dan seinget gua warnanya ungu. hahaha. pasti nyokap gua gak ngerti dah warna2 baju bodo... :P

padahal dulu gua pake baju jawa, kakak gua yang cowok pake baju madura. masa kakak gua yang cewek pake baju bodo. gak nyambung ya... :P

Enno said...

@henny: hehe..baju adat bali emang keren kalo dipakai anak2... lucu ^^

@lia: haha rambutku juga pendek dan tomboy kok.. tapi ibuku kayaknya emang berusaha keras spy aku jd lebih girly haha...

@gloria: mukanya galak? hahaha mungkin jg ya.. tapi yg minta pake baju bodo emang aku sih.. abis msh bs lari2an sm temen2 cowok di lapangan sekolah. klo pake kebaya kan susah jalan hahaha...

@maya: iya aku jg ga pernah pake gaun klo kondangan ahahaha.. kebaya lbh seksi dan ga tll byk mengekspos kulit. aku suka risi soalnya :P btw kimono ribet may, ga bisa buat lari2 hehehe...

@chie: oh org bugis ya? koleksi baju bodonya byk dong :D aku jg blm pernah pake hanbok, mana ada disini... tp klo pake, mau kemana coba? :P

@hans: naaah itu dia jawabannya hans, pakaian ketat bikin biang keringet hahaha....

@arman: gue rasa sih itu akal2an nyokap lu, man. biar ngedandanin kakak lu ga ribet hehehe... pake baju bodo kan gampang banget :D

gloriaputri said...

dasar "cah pecicilan" wkwkwkwkwkwkwkkwk.......

mirnarizka said...

Hahaha... Kok pendapatnya bisa sama, sih. Dari dulu saya juga berpendapat hanbok itu kok mirip baju bodo ya?
Etapi, kenapa ada Song Joong Ki di situ?! Kyaaa!!! *salah fokus*

Elsa said...

baju bodo, jaman dahulu kala...
bahannya transparan lhooo
jadi dadanya keliihatan gitu

Enno said...

@gloria: pecicilan? embeeeer :))

@mirna: hihihi sengaja aku pasang joong-ki! ;)

@elsa: masa sih? wah wah cowok2 bugis jaman dulu bisa cuci mata dong yaa hahaha....

vita said...

Sy jg suka pake Baju Bodo.. krn sy org Makassar, hehehe.. skrg modelnya dah bnyk diperbaharui.. cantik-cantik..

Enno said...

hai vita! iya model sekarang lebih cantik... thx dah mampir ya :)

ucokeren said...

Wah, masih lebih bagus klo kita hargai produk dari negeri kita sendiri. Apalagi itu adalah peninggalan budaya setempat. Baju bodo' is the best lah buat saya.

kristiyana shinta said...

waktu kecil juga mama aku suka makein aku baju bodo,,
ada fotonya loh mba :)

mungkin itu udh template baju adat yg nyaman buat anak2 :d ahahah

Enno said...

@ucok: haha ya iyalaaah... lagian mau kemana pake hanbok disini? :D

@shinta: iya sepertinya lbh praktis dipakein ke anak kecil, terutama yg pecicilan kayak aku. jgn2 dulu kamu pecicilan juga ya? hahaha

Ceritaeka said...

No kalo diatas 25 baju bodonya pake warna apa coba?

Enno said...

nah itu dia ka... gue ga dapet infonya! hahaha
lu tau ga?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...