Friday, February 25, 2011

Blabbering: Jaguar Paw

"A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within." 
-W. Durant


Ini adalah periode dimana suku Indian Maya kuno belum musnah dari muka bumi. Suku Indian yang saat itu sudah memiliki peradaban dan kota, yang menyerang dan menjajah suku-suku Indian yang lebih lemah, menculik dan menyandera suku nomaden yang tinggal di hutan, sebagai korban untuk persembahan agama mereka. Sebagian dari tawanan menjadi budak untuk membangun piramida-piramida Maya yang kita temukan ribuan tahun kemudian.

Ini tentang perlawanan dan pertempuran hidup mati seorang laki-laki yang mencintai keluarga dan sukunya. Tentang kecerdikan otak dan kekuatan fisik. Tentang ketabahan untuk bertahan dan keyakinan pada harapan. Tentang menyisihkan ketakutan dan berdiri dengan berani untuk melawan.


Flint Sky: Those people in the forest, what did you see on them? 
Jaguar Paw: I do not understand. 
Flint Sky: Fear. Deep rotting fear. They were infected by it. Did you see? Fear is a sickness. It will crawl into the soul of anyone who engages it. It has tainted your peace already. I did not raise you to see you live with fear. Strike it from your heart. Do not bring it into our village.

.................

Hai hai !

Saya sedang kehabisan ide menulis gara-gara sibuk menonton film. Hihihi. Saya sedang suka film-film epik, dan di sanalah, di toko DVD langganan saya terhampar beberapa film lama yang diproduseri Mel Gibson. Dia memang paling suka membuat film epik, dan saya masih saja tidak bosan menonton Passion of The Christ.

Dan inilah dia film epik paling keren yang sudah saya putar ulang sampai empat kali sampai hari ini! Apocalypto. Film lama keluaran 2006. Ya deh, saya tahu saya ketinggalan jaman. Hehehe. Tapi jaman-jaman dulu itu saya sibuk di lapangan, meliput sana-sini. Saya jarang menonton film, dan sedikit hiburan yang saya punya cuma window shopping sebentar saat lewat mall sepulang liputan atau membaca buku sebelum tidur. Kasihan sekali saya ya haha...

Buat yang belum nonton film ini (emang ada yang sekuper saya?), film ini wajib tonton. Saya suka akting Rudy Youngblood yang memerankan tokoh utama Jaguar Paw. Aktingnya mantap. Bukan cuma karena dia berdarah Indian, tapi dia memang aktor, yang setelah saya googling, banyak dipuji berbakat.

Buat saya sih film ini bahkan lebih keren dari Avatar (saya suka film Avatar). Soalnya saya bisa membayangkan betapa susahnya sutradara dan kru film mengarahkan para pemain supaya benar-benar mendalami peran sebagai suku Indian zaman kuno. Beberapa pemain bahkan memang asli suku Indian yang masih berbahasa Indian Yucatec, bahasa yang dipakai di film ini. Seorang gadis kecil tujuh tahun, pemeran gadis peramal di film ini, bahkan seumur hidupnya belum pernah keluar dari kampungnya, belum pernah melihat mobil, bus, pesawat, makan nasi, bahkan lantai yang bukan tanah. Tapi hebatnya, ia bisa berakting dengan baik!



Oracle Girl: You fear me? So you should. All you who are vile. Would you like to know how you will die? The sacred time is near. Beware the blackness of day. Beware the man who brings the jaguar. Behold him reborn from mud and earth. For the one he takes you to will cancel the sky, and scratch out the earth. Scratch you out. And end your world. He's with us now. Day will be like night. And the man jaguar will lead you to your end.

Film ini menceritakan perjuangan Jaguar Paw, anak kepala suku Indian pemburu bernama Flint Sky, yang berusaha menyelamatkan dirinya dan teman-temannya dari tawanan suku Indian Maya yang memusnahkan kampung mereka. Jaguar Paw berhasil menyembunyikan isterinya yang sedang hamil, Seven, dan anak lelakinya Turtle Runs di sebuah sumur batu yang sedang kering. Sementara itu ayahnya Flint Sky tewas di depan matanya.

Dia dan para tawanan dibawa ke pemukiman suku Maya yang kala itu sudah berupa kota dan tampak sangat beradab dibandingkan suku mereka. Kaum wanitanya sudah mengenal alat tenun dan penduduk kota berdandan dan memakai pakaian yang bagus. Tawanan wanita dijual di pasar budak, sementara tawanan laki-laki dibawa ke piramida besar dimana raja dan seluruh bangsawan menunggu untuk menyelenggarakan upacara penyembelihan korban bagi dewa matahari (Kukulkan) yang mereka sembah.

Nah, mulai dari sini adrenalin bakal terpacu habis menyaksikan upaya Jaguar Paw agar bisa lolos dari pembantaian dan kembali untuk menyelamatkan isteri dan anaknya. Hehehe.

Khusus buat yang belum nonton, saya kasih foto-foto dan trailernya supaya ngiler ya.




Old Storry Teller: And a Man sat alone, drenched deep in sadness. And all the animals drew near to him and said, "We do not like to see you so sad. Ask us for whatever you wish and you shall have it." The Man said, "I want to have good sight. The vulture replied, "You shall have mine." The Man said, "I want to be strong." The jaguar said, "You shall be strong like me." Then the Man said, "I long to know the secrets of the earth." The serpent replied, "I will show them to you." And so it went with all the animals. And when the Man had all the gifts that they could give, he left. Then the owl said to the other animals, "Now the Man knows much, he'll be able to do many things. Suddenly I am afraid." The deer said, "The Man has all that he needs. Now his sadness will stop." But the owl replied, "No. I saw a hole in the Man, deep like a hunger he will never fill. It is what makes him sad and what makes him want. He will go on taking and taking, until one day the World will say, 'I am no more and I have nothing left to give.'"

Geez! Fabel Indian yang bagus dan filosofis banget!!!







I am Jaguar Paw, son of Flint Sky. My Father hunted this forest before me. My name is Jaguar Paw. I am a hunter. This is my forest. And my sons will hunt it with their sons after I am gone.

Ini trailernya!








back to the movie ah...
see ya! :D

Image and video hosting by TinyPic

9 comments:

-Gek- said...

btw, mbak..
film holywood mau di stop ma pemerintah tuhhh..
kayaknya harus puas nonton DVD deh ya.. huhuhuhu

Hans Febrian said...

hei hei :))
hahaha. tenang enn,
you're not the only one.
aku malah lebih parah,
aku gak pernah denger nih film,
tapi kynya bagus ya enn ya.
mau nyari ah,

Elsa said...

film ini emang keren banget..
aku nonton bertahun tahun yang lalu
dan bener bener dibuat ngeri
sadis banget!!!

salut sama istrinya itu, yang melahirkan di kubangan air...dalam keadaan hampir tenggelam...
wuih, kalo aku, mungkin udah bunuh diri kali!! Hahahaaa

Arman said...

belum pernah nonton.. keliatannya bagus ya no...

Anonymous said...

Berarti saya lebih kuper dari mbak enno, dong. Soalnya belum nonton film ini.. hehe.. -_-"

Enno said...

@gek: iya tuh... ga seru ya klo ke bioskop nonton film lokal semua, jarang yg bagus soalnya. kebanyakan hantu2an yang pake baju seksi haha..

@hans: yuhuuuu! ayo nonton film ini hans! dijamin ngilangin betemu! sumpah! *mel gibson harus byr gw krn promosiin ni film* :))

@elsa: iyaaa keren kan filmnya? tuh yg blm nonton tanya jeng elsa tuh hihi.. it's a beautiful birth scene ya sa? melahirkan dalam air... wah keren dan inspiratif! :D

@arman: klo blm nonton, rugi. ini film cowok lho, man! :P

@mirna: makanya nonton biar ga kuper hehe...

De said...

busyet deh, mbak. tontonannya sadis amat. hahaha...
hmm...daku gk suka film yg beginian, sukanya yg action kyk Salt, Italian Job and lagi hunting The Tourist...blm nyampe ke sini soalnya :(

Enno said...

the tourist ga begitu bagus, wit. cuma jual tampang jolie dan johnnie :P

chiekebvo said...

aq ga pernah selesai nonton filem ini mbak..takut ngeliat..mungkin karena awalnya udah sadis duluan yak.. :((
eh..eh..blog yg in solitude itu punya mbak enno juga??kyyaaa... i adore you mbak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...