Monday, August 17, 2009

Anak Kolong

Kami yang kini terbaring antara Krawang-Bekasi
tidak bisa teriak "Merdeka" dan angkat senjata lagi.
Tapi siapakah yang tidak lagi mendengar deru kami'
terbayang kami maju dan mendegap hati?

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
kami mati muda. Yang tinggal tulang diliputi debu
kenang, kenanglah kami.

(Krawang-Bekasi, Chairil Anwar)

......

Hari ini saya tak sengaja menemukan foto-foto lama, ketika keluarga saya masih tinggal di sebuah asrama tentara. Waktu itu Ayah belum pensiun, dan saya masih SMP. Ada foto perayaan tujuhbelasan. Adik saya dan teman-temannya main drama perjuangan, dan saya membaca puisi-puisi Chairil Anwar.

Tiba-tiba semua kenangan mengalir begitu saja.

Saya bertanding tenis meja dan menang. Melompat-lompat gembira sampai jatuh, lalu terbahak-bahak dengan teman-teman.

Saya dan teman-teman berteriak-teriak di tepi lapangan volly, menyemangati ibu-ibu kami bertanding dengan ibu-ibu kampung sebelah. Kami, anak-anak asrama yang terkenal bandel, mencoba meruntuhkan mental lawan dengan mengejek lawan.
"Waah, kegendutan! Nggak bakal bisa ngejar bola!"
"Celananya kependekan! Pantatnya bahenoool!"
"Huuuu.... nggak bakal bisa menang deh! Udah nyerah aja!"
Hihihi.

Saya berlari ke helipad, ketika helikopter Puma yang dipiloti seorang penerbang teman baik Ayah mendarat sehabis patroli. Duduk sebentar di kursi pilot sambil mengunyah permen coklat oleh-oleh si om yang baik.

Saya dan teman-teman berlatih paduan suara menyanyikan lagu-lagu perjuangan untuk panggung tujuhbelasan.

Saya anak kolong. Ketika teman-teman di luar lingkungan rumah keheranan karena saya begitu santai berada di dekat semua hal yang berbau militer dan tentara, saya cuma tertawa.
Memangnya mereka tidak lihat setiap hari ke sekolah saya naik kendaraan apa? Truk tentara.

Hari ini, tujuh belas Agustus, ketika saya hanya duduk menonton acara tujuhbelasan di televisi, tiba-tiba saya kangen masa kecil saya di asrama tentara.

Oh iya nyaris lupa. MERDEKA!
__________

*Anak kolong adalah sebutan untuk anak tentara yang dibesarkan di asrama tentara. Istilah ini sudah dipakai sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia. Di masa itu, tentara yang berkeluarga ditempatkan di rumah barak kecil. Seringkali tidak cukup untuk ditempati lebih dari satu tempat tidur. Akibatnya anak-anak terpaksa tidur di kolong dipan.


Image and video hosting by TinyPic

17 comments:

Elsa said...

MERDEKAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!

BrenciA KerenS said...

wah anak kolong yaa.. kalo aku cucu kolong.. mbahku yang polisi jee...

hehehe

Brokoli sehat said...

No, kenapa ya imejnya anak kolong itu jelek? ya seenaknya lah, ya maen kekerasan lah, ya belagu lah, dll. Apa karena mereka dari keluarga militer sehingga merasa berkuasa?

Arman said...

kirain kalo tinggal di asrama tentara tuh peraturan serba disiplin dan strict. jadi gak bisa main2 begitu...

ternyata gak juga ya...

MERDEKA juga! :)

Azhar said...

MERDEKA!!

Enno said...

@elsa: merdekaaaaaa!!! uhuk uhuk! (saking semangatnya tereak)

@brencia: cucu kolong? wahahaha... tar ada cicit dan buyut kolong dong :P

@brokoli: gak sampe ke poin kekuasaan deh pop. tapi sebagian memang ada yg badung2, tp byk jg yg enggak. biasalah, krn nila setitik rusak susu sebelanga. anak2 di kompleks gue dulu membaur sm anak2 kampung sebelah. kami manis2 kok :P

@arman: masih bisa seru2an kok. soal disiplin mah diterapkannya di rumah masing2... :)

@azhar: merdekaaa!!! ikutan panjat pinang ga? :P

Sari Maniez said...

Asal jangan kolong wewe ajah :P
Merdeka !!!

Hidup Enno !!!

nie said...

wah keren...
merdekaaaaaaaaaaaaa..atau mati! *kumpeninya dong yang mati, masa kita :p *

no, kmrn ikut lomba apa 17an? balap karung ya? :D

sHaa said...

kka ,
td tweet na knp ??

Gogo Caroselle said...

Ceritanya menarik deh... :)
ohya dulu juga perna ikut baca puisi itu, aku kalah... haha

Enno said...

@sari: ihh syeyem dooong :P

@nie: gak ikutan apa2... mending jd penggembira aja :P

@shaa: lho mang ga kebaca ya dek? :)

@gogo: coba terus sampe menang dong hihi :P

Bintang said...

walopun alm.kakek dan ayah saya polisi, saya ngga pernah ngerasain tinggal di asrama. rumah kami selalu diluar komplek, eh pas gede, pernah tinggal di rumah om saya yang jadi tni, baru saya ngerasain anak kolong.. tapi udah ngga asyik, saya ketuaan, udah kuliah, hahaha.

denny said...

dikantorku belon merdeka mok..

:(

Enno said...

@bintang: wah agak2 rugi tuh :P\

@denny: haha tp kali ini bkn gara2 pacar gue lho yaaa... :P

jUnE0u said...

MErdeKaaaHH..!
btw kura2nya lucu sering gw mainin pas mampir di mari..hihiy

Enno said...

hehehe
tolong kasih makan yg byk ya, biar gendut

:P

simahir said...

Salut.
Maju terus, mba.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...