Thursday, July 23, 2009

Lingua Franca

"Eh Neng Retno, parantos lami di Garut? Iraha sumping? Kumaha damang?" 1)
"Alhamdulillah baik... eh, pangesto."

Lalu saya cengengesan, pura-pura tidak melihat mata Ibu yang melirik galak.
....

Sejak kecil Ibu mengajari saya berbahasa Sunda yang baik dan benar. Tapi jarang sekali saya gunakan sejak saya tak serumah lagi dengan orangtua. Terbiasa berbahasa Indonesia dengan slank Jakarta membuat lidah saya sering keseleo kalau sedang mudik. Apalagi kalau mudik yang sangat lama seperti ini, saya langsung gegar budaya, terutama soal bahasa.

Semua sanak famili handai taulan, tetangga sampai orang-orang di pasar semuanya berbahasa Sunda, padahal saya sudah mengajak bicara dalam bahasa Indonesia.
Fyuh!

Kadang-kadang saya bahkan lupa apa terjemahan sebuah kata dalam bahasa Sunda. Alhasil saya akan kembali ke bahasa Indonesia.
"Parah!" Ejek Ussy. "Mentang-mentang namamu nama jawa. Dasar jawa!"
Padahal, bahasa Jawa saya malah lebih parah lagi. Hahaha.

"Retno didamel dimana?"
"Ehm... didamel di Jakarta."
"Oh, parantos lami? Tara papendak pisan sareng Uwak. Bade lami liburan di dieu?"
"Muhun abdi mah jarang uih. Liburan na sabulan, Wak." 2)

Lalu bla bla bla. Sepupu Ibu mengajak saya mengobrol dalam bahasa Sunda. Dan saya menjawab dengan sangat-sangat hati-hati karena takut salah ucap. Masalahnya, berbicara dengan orang yang lebih tua harus memakai bahasa yang lebih halus, lebih spesifik. Saya tidak mau dimarahi Ibu karena dianggap tidak sopan.

Saya akan sangat bahagia jika berada di Jakarta. Karena hal itu berarti saya bisa mengoceh dalam lingua franca paling keren sedunia: bahasa Indonesia dialek Betawi. Hehehe.

"Ndut! Ketemuan nyok! Gue kangeeen!"
"Kemane aje? Sumpe lu tambah bahenol aje. Keenakan ya tinggal sama nyokap?"
"Coy, besok mau ikut dugem nggak? Bete nih!"
"Pa kabar cing? Ke rumah gue kek. Entar gue bikinin makanan. Secara lu kan maruk gitu. Hehehe."

Oh, di Jakarta terasa bagai di surga! Saya bisa bercakap-cakap dengan normal.
........

Percakapan iseng Denny dan Enno

"Mok, kata Pak Rudi kau bakal imigrasi ke Siantar. Di sana dingin."
"Biar aja, kan ada Kenzo."
"Hehehe... kau diketawain dia tuh. Katanya kau nanti jadi berlogat Batak."

Wah, nggak berpikir sampai kesitu ya...

"Oh, Pak Rudi nyumpahin aku berlogat Batak ya? Biarin aja. Aku doakan dia beristri orang Asmat biar disuruh pakai koteka!"
"Hahaha, gila kau!"
....

Keterangan:


1)
"Eh Neng Retno, sudah lama di Garut? Kapan datang? Apa kabar?"
2)
"Retno kerja dimana?"
"Ehm.. kerja di Jakarta."
"Oh, sudah lama? Nggak pernah ketemu sama sekali dengan Uwak. Mau lama liburan disini?"
"Iya, saya jarang pulang. Liburnya sebulan, Wak."



Image and video hosting by TinyPic


15 comments:

Sari Maniez said...

Gegar budaya nih yee....Lumayan lah daripada egar otak ;p
Aku juga cuma ngerti ini : "Kulo mboten ngertos boso Jawi", untuk menangkal ajakan Ibu-ibu yang demen banget ngajak ngobrol pake bahasa Jawa.
Tapi, pas denger aku ngomong gitu, mereka malah bilang, "Lah...niku, Njenengan ngertos boso Jawi"
Aku: #@%& #@%%^

Yang paling atas artinya: aku ga bisa bahasa Jawa.
Yang bawah: Lah...itu ngerti bahasa Jawa.

Enno said...

haha iya bener... masa gegar otak, tar tambah sinting aku! :P

kalo bahasa jawa sebenernya aku bisa ngerti, tapi pasif. kalau ngomong agak kaku... tapi aku suka banget dialek Jogja-Solo... ehehe

maya sitorus said...

nanti kalau kau sudah menetap di sinatar pulang ke garut disuruh bilang ci ca heum pansti lidahnya kaku deh jadi nya ngoomongnya gini ci ca hem

wakakak,,itu semua terjadi pada temen2 kuliah ku dulu yang berasal dari sumatra utara sana,pasti bilangnya ci ca hem,,,

hahahahha

kade siahno, dupi engke janten jadi mantu urang batak tong jadi soaknya, garalak, kade ahhh :-P
tapi hate na mah bageur da,,,

Elsa said...

kalo bahasa batak???
bisa ????

Enno said...

@maya: haha masa? tetep aja bisa bilang cicaheum ah!

tenang may, moal soak. da udah siap mental :)

@elsa: hahaha... ga bisa! sumpah! :P

popokbekas said...

uhm..
potonya udah beda ya?
hahaha
secara udah hampir setengah taon gak ngeblog..

novnov said...

pa kabar loe cong?.....ciehhh nyang abis mudik..gegar budaya yakkk?...sammmaaaa dooong...gw juga.. di sumatera gw ngomongnya gini .."iyo..lama kito tak basuo...sekali basuo di kandang kudo"...hakhakhakhak
main ketempat gw doooong.....

Azhar said...

urang sunda tapi ndak iso ngomong sunda hmmmm gimana nih

hahahahahaha

Arman said...

hehehe gua juga di antara kakak2 gua, yang paling parah bhs jawanya ya gua. bisanya cuma bhs jawa yang kasar dan sehari2.

kalo udah denger orang2 ngomong bhs jawa full apalagi yang alus, waduh suka gak ngerti... payah ya.. :P

pernah pas dulu jadi auditor, dpt klien di sby. dan tentu gua bilang dong kalo gua juga org sby, dan dengan pede sejuta ngajak klien ngomong jawa. eh klien nya bener2 ngomong jawanya yang jawa banget (apa coba ada jawa yang jawa banget) yang akhirnya gua gak ngerti sama sekali! huahahaha... malu2in... :P

lilliperry said...

mbaknya orang mana sih..

sini tak ajari bahasa batak biar gak canggung kalo ke siantar.. huahaha

Bintang said...

wahh padahal awal saya baca blog ini, saya kira yang punya orang batak..

*dugaan meleset saudara-saudara



salam kenal,

Bintang

Enno said...

@popokbekas: aih wandy kamyu kemana aja? bikin novel baru yaa :)

@novnov: hahahaha gue baru tau klo selama di sumatra loe nyambi jd tukang kuda! gue msh di garut bu, tar kalo dah di jkt lagi gue telp loe deh ya :D

@azhar: bisa sih, tapi ya gitu deh... hehehe

@arman: hihihi gue jg pernah kayak gitu. bhs jawa gue kan ancur, pas sok ngajak ngoms jawa sm org jawa beneran, gue mati kutu sendiri :))

@bintang: saya org batak? belum...hehe...salam kenal juga :)

denny said...

alamakjang...
jadi mok, kau bisanya bahasa apaan??
bahasa tarzan bisa kagak..
kalo bisa kemari aja..
disini pake bahasa tarzan sejak ada tulisan keep silent di hall..
hahahaha...

*pacarmu psycho..*

Enno said...

@denny: hah? hahaha... jd ada aturan baru rupanya? makanyaaa... mentang2 gak ada dia, kalian rupanya keenakan ya. trus pada brisik deh!

ck ck ck... pak onal kayaknya perlu belajar galak kayak pacar gue

:P

Ade said...

5 tahun di Bandung tapi tetep Sundanya ga fasih2..
paling bisanya yang kasar no.. yang alus nyerah deh :-D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...