Tuesday, September 5, 2006

Antusiasme Buku Loak

Jangan muntah ya, kalo ampir semua postingan gue belakangan ini suka dikasih foto-foto serial PH hehehe…. Maklum, kadang-kadang gue norak kalo lagi suka sama sesuatu yang membangkitkan antusiasme.

Sebenernya PH bukan satu-satunya K-drama yang pernah gue tonton. Cuma, emang baru PH, K-drama yang bikin gue kesengsem dan gue tonton sampe abis. Tapi sejak sekarang, kayaknya gue emang jadi gila K-drama.

Akhir pekan ini, gue mau ke Mangdu, berburu DVD K-drama ah.... Setelah ngintip milisnya para K-drama mania, ada beberapa film yang direkomendasiin sama mereka. Gue mau nyari dulu Legend of Seven Cutter. Salah satu pemainnya adalah Yoon Eun-Hye, pemeran Cheo Gyung di PH. Katanya ni’ film seru dan kocak. Trus yang paling sering disebut sih My Girl. Katanya romantis abis.

Well, kalo kata Teteh sih, mendingan nyewa aja dulu. Kalo ketauan bagus, baru beli buat koleksi... Hm, masuk akal juga sih...

Ngomong-ngomong soal antusiasme, seharian kemaren gue gak antusias kerja. Dari siang sampe sore, gue ngulik blognya temen gue, Paulus. Ni’ anak rupanya masih sibuk sama gaweannya. Padahal dia janji mau mempermak blog gue biar lebih canggih, dan masukin link-link favorit gue. Terserah dia mau diapain, pokoknya jadi bagus. Lagian gue tau seleranya gak neko-neko. Selera pujangga gitu deh… hehehe…

BTW, selesai baca blognya gue jadi kagum…. Kok orang-orang pada bisaan ya kalo nulis dalem begitu. Berfilsafat gitu deh...

Gue mah beneran gak bisa. Sumpah. Pernah nyoba, jadinya malah kayak filsuf mabok hahaha... najong banget deh. Lagian, di kantor, kerjaan gue sehari-hari bikin tulisan-tulisan yang serius. Pake analisa pula. Masa di blog begitu juga. Ngocol abis ajalah. Toh, emang begitulah aslinya gue.

Pas pulang kerja, dengan antusiasme yang berbeda, gue mampir ke toko buku loak langganan gue di Blok M. Wah seneng banget nemu banyak novel-novel jadul yang emang lagi dikoleksi! FYI, gue lagi ngumpulin Trio Detektif, Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu, Sapta Siapa dan sejenisnya deh. Terutama sih karya-karyanya Enid Blyton yang gue baca jaman SD. Kemaren gue beli sampe 10 buku. Dan gue girang banget akhirnya dapet Misteri Bisikan Mumi-nya Trio Detektif. Udah lama banget pengen baca lagi.

Itu tuh novel Trio Detektif pertama yang gue baca pas lagi kelas empat SD. Temen sebangku gue, Lia, yang minjemin. Awalnya berasa agak berat juga, soalnya waktu itu gue terbiasa baca buku-bukunya Enid yang isinya petualangan, bukan detektif beneran. Tapi pas satu buku udah abis, jadi ketagihan hehehe....Thanks to Lia!

Beberapa orang yang tau gue suka beli buku di loakan kadang meringis. ”Ih, kan kotor. Bukunya berdebu, entah ditaronya dimana, trus abis dipegang-pegang orang banyak pula.”

Yah, gue mah gak peduli. Emang ada gitu orang yang kena diare atau flu burung setelah baca buku loakan? Kalo kotor, dilap aja lagi sampulnya. Berburu buku loak itu banyak seninya. Mereka aja kagak tau. Kadang-kadang kita dapet buku langka, kadang-kadang dapet manuskrip (sejauh ini sih gue belum pernah hehehe)... mau tau seninya dimana? Ya tentunya di bagian ngubek-ngubek tumpukan buku-buku itu dong... J

Beli buku di loakan juga bisa ngirit pengeluaran. Penggila buku kayak gue, sebulan bisa bolak-balik ke toko buku sampe empat kali alias seminggu sekali. Itu belum keluyuran ke loakannya. Buku yang dibeli bukan cuma satu-dua lagi. Gue pernah keabisan duit gara-gara beli buku melulu hehehe.... Kalo nyokap gue tau, bisa diceramahin neh...

Dulu aja, pas udah selesai wisuda dan gue pindah lagi dari Purwokerto ke Jakarta, barang yang paling berat-beratin itu ya buku. Koper baju cuma satu, koper buku sampe empat. Gede-gede lagi J

”Apaan nih, buku-buku semua?!” Seru nyokap pas gue dah nyampe rumah dan buka-bukain barang bawaan. ”Dari dulu gak berubah ya! Duit abis buat beli buku!”

Yeee... salah sapa gue jadi doyan baca? Sapa tuh yang udah langganan majalah Bobo sebelum gue lahir? Nyokap kadang-kadang suka lupa, kalo dialah yang nularin virus buku sama gue. Lagi jamannya gue suka baca Wiro Sableng, Nyokap tuh sampe rebutan sama gue, pengen duluan baca... Malah, Nyokap juga yang pertama kali nyuruh gue baca Agatha Christie. ”Bagus tuh. Si Poirotnya pinter.” Poirot itu maksudnya detektif Hercule Poirot tea. Cuma pengucapan Nyokap sama kayak tulisannya. Harusnya kan dibaca ’Poarot’ ya. Yah, whateverlah. Gak semua orang tau bahasa Perancis.

Sayangnya, sekarang gue gak punya lagi temen rebutan buku. Abis tren baca Nyokap sekarang bergulir ke novel-novel berbahasa Sunda. Ah, males banget. Kalo bahasa Sunda buat ngomong mah gue bisa. Kalo udah masuk ke lingkungan sastranya, nah matilah gue. Ada kata-kata atau idiom yang gak gue ngerti...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...