Wednesday, September 6, 2006

Gue Ngajar Ngaji! Haaa....???





Anak manisku, Arum








“Bude, Bude, sini deh Arum bisikin…”


”Mau bisikin apaan?”


”Ssst, Arum udah belajar iqro di sekolah.”


”Wah, bagus dong. Pinter gak? Udah bisa bacanya belum?”


”Udah. Sini deh, Arum punya bukunya. Bude mau Arum bacain nggak?”


”Mau. Mana dong?”


Gue membiarkan diri gue diseret Arum ke meja makan. Dia ngambil buku iqro dari tas sekolah merah jambunya, lengkap dengan sepotong lidi. Halaman pertama dibuka.


”Ini bacanya a-ba-ta,” katanya sambil nunjuk huruf-hurufnya.


”Bener. Terusin dong...”


Si centil Arum terus beraksi. Pas giliran di halaman selanjutnya dia brenti. ”Bude, kalo ini bacanya apa?”


”Ini ja-ha.”


”Oh, ja-ha. Ja-ha... gitu ya Bude?”


”Ya. Mau diterusin?”


Dia ngangguk. Akhirnya selama setengah jam, gue ngajarin si centil baca iqro, padahal sebenernya gue udah mau brangkat kerja. Biarlah. Biar keponakan gue pinter. Kalo dia jadi ’orang’ kan gue juga yang bangga


Mau gak mau, gue jadi inget sama pengalaman sendiri waktu belajar ngaji sejak seumuran Arum. Kalo anak-anak lain pada belajar ngaji di mesjid, mushola atau guru ngaji privat, gue dan adek gue diajarin ngaji sama Nyokap di rumah. Sebelum ada metode belajar mengaji kilat kayak sekarang ini, Nyokap gue udah menerapkan metode yang pada hakikatnya sama. Bisa membaca Qur’an secara kilat.


Gue gak pake buku iqro dulu, langsung ke Qur’an besar. Bisa bayangin gak tuh? Awalnya pusing dan bingung banget ngapalin huruf, tanda baca dan bunyinya. Tapi udah jalan seminggu langsung lancar. Amazing banget! Tau-tau bisa ngaji gitu lho! Gue lupa proses detailnya, karena waktu itu kan gue juga baru umur 5-6 tahun.


Tapi, periode belajar ngaji itu bener-bener bikin trauma. Soalnya, Nyokap keras banget ngajarnya. Kalo salah baca, tangan langsung dicepret pake kayu buat nunjuk huruf, kalo enggak, dijewer... gile bener... Mana belajar ngajinya tiap hari pula!


Pokoknya kalo udah jam tiga sore, setelah bangun tidur siang, gue udah harus siap di meja makan dengan Qur’an. Nyokap cuma ngasih libur ngaji setiap hari Jumat. Nah, buat gue, hari Jumat itu adalah hari kebebasan. Sampe sekarang, gue masih punya perasaan yang sama terhadap hari Jumat. Rasanya gue bener-bener kayak seorang budak yang baru dibebasin sama majikannya kalo hari Jumat tiba... segitunya...


Alhasil, di masa SD gue itu, gue udah khatam (tamat) baca Qur’an tiga kali. Nyokap bikin selametan, bagi-bagi nasi tumpeng ke tetangga.

Adek gue juga diperlakukan sama. Tapi saat itu, Nyokap udah pake asisten, yaitu gue hehehe.... dan gue juga pake gaya galak ke dia. Yah, sedikit sih... abis gue kan bukan orang yang sabaran. Bukan tipe pengajar. Kalo gue jadi guru, pasti udah dapet julukan The Killer sama murid-murid gue. Itu sebabnya, gue gak jadi guru


Lagian, adek gue itu ngajinya bolot banget. Salaaaaah melulu. Tapi setelah gue pikir-pikir lagi sekarang, mungkin itu karena dia udah ketakutan duluan sama para pengajarnya yang galak.


Tapi sekarang, dia ngajinya lebih canggih dari gue. Soalnya tahun kemaren dia kursus privat sama seorang guru ngaji dari pesantren. Sementara gue, masih ngaji sih. Tapi udah jarang-jarang. Biasanya abis sholat magrib sambil nunggu waktu Isya. Atau pas bulan Ramadhan, gue ngaji bisa tiap hari. Tadarusan sendiri di kamar.


Makanya, pas kemaren gue ngajarin baca iqro sama si Arum, gue jadi amazing sendiri. Nostalgia pas jadi guru ngaji yang galak. Tapi sekarang mah udah baek hehehe.....


1 comment:

presy__L said...

wakakakak.. hebat banget SD bisa khatam sampe 3 kali, kayaknya saya pas smp deh. sama juga tuh, nyokap sampe mau bagiin nasi kuning2 kemana-mana. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...