Saturday, December 24, 2011

Setiap Sakit

Bahkan ketika kau berpikir ini selesai
Malam masih tetap sepekat ampas kopi
Bagiku dunia menyempit selingkar jari
Menghimpitku dari dua sisi kenangan yang meraja
Memenuhi ronggarongga tak kasat mata

Bahkan ketika kau berpikir ini membebaskan
Matahari tak bisa mengoyak selaput mata
Yang kututup erat dengan mimpi paling purna
Menenggelamkanku pada samudera,
beting karang dan karam

Lihat apa yang sudah egomu lakukan
Aku. mati.

-rumah sakit, di antara aroma desinfektan, 08:52, 23 Sept 2011-

.......

Itu ditulis waktu saya masih patah hati gara-gara si Pejalan dari Negeri Pagi, untuk Arus Kata-perkumpulan penyair yang saya ikuti.
Sampai sekarang saya suka terheran-heran sendiri. Setiap kali saya sakit, baik hati maupun fisik, kata-kata mengalir deras dari otak.

Kali ini juga. Sudah dua hari saya demam, dan plot Kisah Abe yang tadinya mentok tiba-tiba seperti banjir bandang dari Bendungan Katulampa. Melimpah. Sampai saya merasa sayang untuk tidur, memilih melawan pengaruh obat dan menuliskan semua kata-kata yang bermunculan seperti disulap.

Geez! Masa saya harus sakit-sakitan dulu baru bisa membuat tulisan bagus!


“One day I will find the right words, and they will be simple.”
― Jack Kerouac, The Dharma Bums


Virginia Woolf's writing table at Monk's House, Sussex, England, 1967.
Photo by Gisele Freund.
pict from here


Image and video hosting by TinyPic

18 comments:

Gloria Putri said...

tapi emang iya mba....beberapa seniman br bs 'mengalir' saat dia berada di posisi paling bawah loohhh...liat contohnya glenn fredly, lagu-lagunya malah jd hits pas dia putus cinta kan....wkwkwkwkwkkw

tp sebisa mungkin tetep profesional, keadaan apapun hrs tetap bs produksi...cpt sembuh mba

Annesya said...

nyahahaha, masokis...
kapan2 kalo mentok kena writer's block panggil saya aja. ntar saya cubitin sampe biru2, stlh sakit gitu, pasti inspirasinya ngalir lagiiii. syalalala *goyang dombret*

Wiwi Arianti said...

Untuk sekarang, ya, syukuri saja apa yang ada. Semangat! :D

Lita said...

mbak... mbak... masih ingat dia rupanya. Semangat... ayo sembuhkan hati.

Plot Dua Dunia-ku kacau balau. Tolong bantuin... Rasanya patah hati...
*malah curcol*

Enno said...

@glo: haha disamain sama glen fredly... tp iya juga sih ya... ernest hemingway juga novel2nya yg bertema perang dibikin setelah dia patah hati sama seorg perawat di garis depan :P

@annesya: wah jangan2 emang masokis nih gue wkwkwk... jgn dicubitin dong nes, disuruh makan malam sama 5 co ganteng aja gimana? :))

@wiwi: iya udah semangat banget nih :)

@lita: ih kagaaak... kagak inget dia... itu puisi cuma contoh doang tauk hahaha...ini sakit gara2 kecapekan mindah2in perabot kemaren.. nah kan, apa kubilang... bikin plot itu penting, litaaa... :P

Nurhikmah Nani said...

saya dengan senang hati menyiksa mba eno dech..*demi terciptanya tulisan2 bagus yang sering saya baca...xixixixi*

Anonymous said...

Samaaaa.... Aku juga nulis rasanya lancar banget, kalo perasaan lagi sedih, mellow, apalagi sakit hatiii..

Kaya bendungan katulampa itu deh.. Hahaha *lucu banget perumpamaannya* :D

Annesya said...

oke. tapi acara "setelah makan malam" yang bakal sakit banget, ahak ahak... *eh!

JejakShally said...
This comment has been removed by the author.
JejakShally said...

kalau sekarang masih sakit, cepet sembuh mba Enn akhir-akhir ini banyak penyakit lagi jalan-jalan :)

mba pernah nonton film korea yang judulnya "Finding Mr. Destiny" ?(menyimpang daari topik postingan)
yang main pernah main di coffee prince yang jd bossnya.
2:14 PM

Enno said...

@nani: siksa rona aja deh nan... biar dia juga rajin nulis... kan lbh dkt jaraknya. gampang tau caranya: abisin persediaan makanannya haha...

@anonim: calon penerima Nobel sastra emang biasanya gitu kayaknya! pret hahaha

@annesya: yeee omes ya mesti? twistnya msh kusimpen nes.. co2 ganteng itu msh balita! abis dinner kami mau main di kolam bolaaa! hahaha

@shally: makasih shal.. ini msh tepar sih :) aku tau drama itu, tp blm smpt nonton, tp katanya bagus kok, romantis :P

Wuri SweetY said...

Neechan nande mata byouki?Odaijini ne!
Aihhh jadi buka kisah lama ya???Mas Pejalan dr Negeri Pagi nongol lg. :D

Itu namanya sakit membawa berkah, mg2 novel cepet kelar ya!

rona-nauli said...

kembalikan sakit tenggorokan itu, No....yang boleh sakit itu akuuuu....#eh :p

Enno said...

@wuri: yak, tp begitu kelar, bodiku tinggal seujung lidi wkwkwk

@rona: uhuk uhuk... iya nih knp suaraku yg ilang? kn yg lembur sama mamang2 tukang itu kamu...:P

hoIrON said...

Menurut aku bukan karena mbak sakit jadi terus punya ide" untuk dijadikan kata",,bagi aku itu karena kesendirian mbak..yang biasa tiap harinya beraktifitas enggak ada henti"nya jadi enggak ada waktu untuk diam dan memikirkan kata" itu..namun ketika mbak sakit,,mbak diem dengan posisi PeWe terus muncul deeh ide" itu

Menurut aku itu,,jadi mbak enggak hrus sakit dulu baru bisa punya ide namun mbak butuh waktu untuk mengrifress yang ada didalam otak mbak..

karena kebanyakan orang bisa memikirkan ide bahkan sampai memecahkan masalah hanya dengan cara berfikir tenang..itu menurut aku sech,,tiap orang berbeda pendapat

Thanks linknya :)>-

mevi said...

Kayaknya kebanyakkan emang gitu deh, sakit malah makin banyak inspirasi yang keluar. Mbangkitin semua kenangan kali ya, baik itu buruk maupun yang seneng sekalipun. Beda sama kalo lagi seneng, yang bangkit malah kenangan seneng doang. Kebanyakkan malah lupa kalo pernah susah.

Enno said...

@hoiron: iya, mgkn krn lbh byk waktu utk merenung ya? :)

@mevi: aku klo lagi seneng pengennya malah makan hahaha

mevi said...

waks.. susah senang ya harus makan.. aku sih makan (baca: karena sesuatu). ihiyyy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...