Monday, January 18, 2010

Giok Ibu

Aku menemukan gelang dan liontin itu di lemari Ibu yang lama. Lemari yang berisi baju-baju lama sehingga jarang dibuka. Ngomong-ngomong, ibuku agak-agak mirip Imelda Marcos kalau soal koleksi busana. Bajunya lebih dari dua lemari (ditambah satu lemari lagi khusus kerudung), anehnya yang suka dipakainya tak lebih dari sebagian.

Kebiasaan ini menurun pada Kak Ussy. Punya pakaian banyak, tapi yang dipakai itu-itu terus. Aku cewek paling simpel di rumah. Tidak pernah ada baju yang tak terpakai di lemariku dan jumlahnya jarang bertambah banyak. Jika membeli dua baju, maka akan kupilih dua baju lama yang paling membosankan untuk kuberikan pada orang lain. Buat apa menyimpan pakaian yang tidak terpakai lagi, sementara di luar sana masih banyak yang membutuhkannya, kan?

Well, kembali ke soal gelang dan liontin Ibu. Kedua perhiasan itu terbuat dari giok. Mereka seolah-olah menyala hijau di balik kertas-kertas usang di dalam laci lemari. Aku tak tahu kenapa Ibu mengabaikannya. Mungkin karena bosan. Mungkin juga karena Ibu memang tidak terlalu suka aksesori.

Orang-orang Cina kuno menganggap batu giok merupakan simbol harapan, keberuntungan dan kebahagiaan. Banyak orang meyakini, batu Giok memiliki khasiat melindungi dari hawa jahat. Jadi tentu saja kupungut gelang dan liontin itu dengan senang hati.

"Itu dapat dari mana?" Pekik ibuku saat pertama kali melihat gelang itu kupakai.
"Dari lemari Ibu."
Ibuku terbelalak. Tampaknya ia sudah lupa punya gelang giok yang bagus. Aku nyengir.
"Lemari mana?"
"Lemari lama. Sama liontinnya juga."
"Oh, ya sudahlah. Pakai saja."
"Ya iyalah. Kalau Ibu minta lagi juga aku nggak bakal ngasih."

Ibuku cuma bisa bengong memandangiku memakai gelang gioknya yang indah dan mudah-mudahan akan memberi aku keberuntungan.
Hihihi.

Image and video hosting by TinyPic

22 comments:

DESFIRAWITA said...

ya deh semoga jadi keberuntungan

ngomong2 dalam hati ibunya pasti bilang *nggak rela*

hihihi...kidding

Pohonku Sepi Sendiri said...

hehe.. emangnya mbak enno lagi diincer ma hawa jahat ya?

tapi ati2 loh mbak.. giok yg dah disimpen lama ngga pernah dipake kan bisa jadi emm.. eh, nggak jadi deh.. *piss* hehe..

semoga mbak enno penuh keberuntungan & sehat walafiat ya.. amien..

Elsa said...

bagi yang suka warna hijau, Giok ya nomor satu.
Bagi yang mengerti budaya dan tradisi Cina, Giok sangat berharga.
aku bukan dua duanya.

kesehaRian Ra-Kun said...

wah, moga moga beneran ya... :)

Azhar said...

beli gioknya di Pasar Giok Jatinegara ya?

hihihihi sotoy mampus gw :D

Apisindica said...

mbak enno itu bakat preman juga yah ternyata? hehehe. Pokoknya kalo nemu sesuatu langsung dicap sebagai hak milik. kekekeke

Semoga selalu beruntung mbak, pake giok ataupun nggak. amien! :)

maya sitorus said...

sis,,,pinjem dong gelang gioknya,,,
biar keberuntungan perjodohan bisa kugapai,,,,halah curcol euy...jadi 1-1 skorna jeung si "eta" ga terlalu telak...
ok sis,,,ntar aku jemput ya si giok hihihihi

Arman said...

gua juga paling gak tega ngebuang barang. jadi punya banyak baju walalupun kagak dipake. hahaha.

Enno said...

@wiwit: amin... hihihi

@pohonku: aku lg diincer sama co ganteng dong ah... amin, thx doanya.. giok yg udah lama jadi tambah bagus tau :P

@elsa: bener, aku suka warna hijau :)

@Ra-Kun: amin deh :)

@azhar: haha.. bukan tau! :P

@apis: preman? masa baru tau hihi

@maya: halah... dasar! :P

@arman: wah samaan bakatnya sm nyokap gue :P

Sari said...

Alas hal Enno ngambil giok Ibunya kan karena siapa yang memegang benda bergerak, dia pula yang jadi pemiliknya hehehe
*tiba2 inget teori hukumnya benda bergerak* :P

Sari said...

Maksudnya Alas hak *bukan alas hal* a.k. dasar hukum
*nggaya, kata Enno*
hahahaha :P

Gogo Caroselle said...

lho?!
mba ennooo,
mba enno kan uda beruntuuungggg,
beruntung sudah mengenalku....
tsaaahhh
hihi
*siap2 dijitak*

Enno said...

@sari: lho, jadi saya salah nulis tho? ini rupanya jurnal hukum ya? :P

@gogo: idih, bukannya sebaliknya yak? wahahahaha *langsung dicubit gogo*

Rava said...

untuk sementara mbak cobain dulu deh..kalo berhasil sisipkan aku sebagai pewaris gioknya ya..aku siap koq dengan senang hati..hihihi...*GR

owly said...

AMIN!!
yang penting jangan lupa usaha hihihihihi

ps : beruntung dalam hal apa niih? *wink wink

Enno said...

@rava: hahaha oke deh

@owly: ah kamyu tau lah ituuu :P

ocheholic said...

smg dengan pake giok itu, terus inget ibu dimanapun berada ;)

*jadi kangen si emak niyyyy*

BrenciA KerenS said...

yang nemu itu pemiliknya... hahahha

makin beruntung aja nih pacarnya mbak dapet kamu.. dijamin rejekinya lancar, banyak anak... gara2 pake kalung itu.
kapan2 aku pinjem ya mbak...

maiank said...

kayanya besok-besok bakalan rajin beres2 biar nemu barang lama jadi kepemilik baru..hihihi

Shin-kun said...

Mau Abang bikinin jimat anti maling sekalian Neng, ntu nyang ditempel di jidat, huahahaha... *eh, itu anti dhemit yak :P*

Enno said...

@oche: pastinyaaa :)

@brencia: amin haha... boleh pinjam, tapi pake tarif per hari mbakyu xixixi :P

@maiank: ih kamu tau aja hahaha

@shin-kun: busyet dah, si abang kebanyakan nonton pilem horor cine ye... :P

anna fardiana said...

waaa..ibunya trendi banget punya asesoris begitu..walau jarang dipake sih..

yang untung anaknya dong..bisa ikutan makenya...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...