Thursday, July 26, 2007

Macan Tidur Dibangunin

Gue dan Teteh pernah bahas soal sifat penaik darah yang diwariskan secara genetik dalam keluarga kita. Kita berdua terutama punya sifat itu juga. Tapi untungnya bisa di-manage sehingga yang namanya marah-marahin orang itu sama sekali gak pernah.

Tapi beberapa minggu yang lalu gue marahin orang di kantor temen hehehe... Dan gue sangat-sangat tidak merasa bersalah. Sampe sekarang gue malah masih dongkol sama tu’ orang.

Ceritanya, waktu gue dateng ke kantor temen, gue dikenalin sama seorang temen kantornya. Udah bapak-bapak gitu deh. Awalnya dia basa-basi nanya gue dulu kuliah dimana.
Waktu gue bilang dari Unsoed, dia udah mencibir. ”Oh, Unsuuud... Ngapak-ngapak ya?” Katanya sambil cengengesan nggak lucu. Gue tau, dia lagi ngejek orang Purwokerto/Banyumas yang logat jawanya emang agak lain dari yang lain.

”Kamu orang Purwokerto ya?” Tanyanya masih dengan nada merendahkan.

”Bukan. Saya orang Jakarta,” sahut gue menahan dongkol. Meskipun gue bukan orang asli Banyumas, tapi gue tersinggung. Kan gue pernah bertahun-tahun tinggal di sana dan gue tau banget kalo orang Banyumas itu meskipun bahasa jawanya aneh tapi mereka bahkan lebih baik dan lebih tulus dari orang-orang Jawa yang ngakunya berbudaya dan berlogat lebih unggul. Emangnya si bapak itu merasa lebih baik dari orang Banyumas? Oh, nanti dulu, Brengsek...!

Belum puas rupanya dia bergaya sengak, trus dia nanya ortu gue aslinya mana. Gue bilang bokap gue Jawa, nyokap gue asli Garut. Dan ortu gue sekarang tinggal di Garut.

Eh, dia langsung mencibir. “Ih, Garut kan terkenal cewek-ceweknya nakal,“ katanya tanpa tedeng aling-aling.

Siapa yang nggak pengen nonjok coba?! Gue langsung melotot. Tapi rupanya dia emang gak peka. Terus aja nyerocos bahwa dia punya affair dengan cewek Garut. Dan terus aja jelek-jelekin Garut dengan predikat gudangnya cewek nakal seperti Indramayu dan Kuningan.

Trus dia bilang, ”Lain kali kalo ada yang nanya, kamu jangan bilang orang Garut. Malu. Bilang aja kamu orang jawa...”

Gue langsung melotot. ”Kita kan baru kenal saat ini ya Pak. Asal tau aja, saya terkenal orang yang suka bicara terus terang. Jadi nih, saya mau terus terang kalo saya gak terima Bapak bilang begitu tentang kota saya!” Tukas gue murka. Temen gue langsung cemas, karena dia tau banget sifat pemarah gue kumat. ”Saya bangga kok mengaku berasal dari Garut! Garut itu kota santri. Bahkan gak ada lokalisasi di sana!”

Temen gue yang orang Batak, mungkin juga kesel, ikut nimbrung. ”Emang di sana ada lokalisasi sampe bisa-bisanya Bapak ngecap Garut begitu? Gue udah pernah tuh ke rumahnya Enno di Garut. Di sana suasananya religius.”

”Ah, kota santri itu kan Tasik, bukan Garut,” sahutnya enteng.

Huh dasar kakek-kakek brengsek! Penjahat kelamin pula! ”Gini ya, Pak. Bapak udah pernah belum ke Garut? Saya yakin belum pernah. Saya undang Bapak berkunjung ke sana. Kalo perlu akomodasinya saya yang tanggung. Silakan Bapak liat kondisi di sana seperti apa. Yang namanya cewek nakal, di semua daerah juga ada. Tapi bukan menjadi patokan dong. Lagian, kalo Bapak pernah pacaran sama pelacur yang mengaku berasal dari Garut, bukan berarti semua cewek Garut itu pelacur seperti cewek Bapak! Terus nih Pak, Bapak selidiki dulu tuh pelacur Bapak itu, apa bener dia berasal dari Garut. Jangan-jangan cuma ngaku-ngaku aja.”

Dia langsung diam, sodara-sodara! Gue ngomong gitu di depan orang banyak di kantor itu, yang kebetulan udah gue kenal secara pribadi dalam sebuah acara paguyuban. Dan mereka ngebelain gue. Ada yang nyeletuk gini, “Seumur-umur, yang gue tau Garut itu terkenal dodol dan jeruknya, tau!”

Huh, pas gue pergi dari situ, rasanya puas! Tapi gue juga memutuskan untuk nyuekin si bandot brekele itu kalo ketemu dimanapun berada. Gue gak suka sama dia. Mana pas dia becanda sama orang-orang kantor situ juga becandanya porno. Ih, aki-aki gak tau diri!

Pas gue ceritain ke temen-temen kantor sendiri, mereka pada setuju sama tindakan gue. Menurut mereka, orang kayak gitu emang harus dikasih pelajaran. Seenaknya menghina daerah orang, kayak daerahnya dia paling mulia aja di Indonesia ini!

4 comments:

Fian Arfiansyah said...

kalo aja itu aki2 tujuh mulud ada depan gw.....
Gw bakar sekalian tuh....

Enno said...

Iya... harus dihajar sama org segarut, rame2... gue masih bete kalo inget tu' org...
Halo org garut, nyasar di afrika ya :)

Panio said...

t*i bgt sih tuh aki2 mbaaa!!!
ups maaf aku jd kasar, ikut emosi beneran!!!!

Gloria Putri said...

wahhhh...PK bener dah si aki2 itu...ckckckckckck....
betewe lulusan Unsoed to mba e? wahhh...papaku dl jg kul di Unsoed

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...